Don't Show Again Yes, I would!

Giedrius Zibenas Jadi Kepala Pelatih Timnas Lithuania, Berita FIBA

Kabar ini datang menyusul Kazys Maksvytis yang mengundurkan diri dari timnas Lituania untuk sementara waktu. Sehingga Giedrius Zibenas akan mengambil alih posisi kepala pelatih timnas Lithuania, yang tampil di Kualifikasi FIBA EuroBasket pada bulan Februari 2024. Tugas Coach Gibbi memang berat, karena dia diharapkan bisa membawa Lithuania lolos ke FIBA EuroBasket. 

Pada Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023, staf pelatih Lithuania terdiri dari Kazys Maksvytis sebagai kepala pelatih, didampingi oleh Giedrius Zibenas, Tomas Rinkevicius, Benas Matkevicius, dan Evaldas Berzininkaitis. Menurut laporan Lukas Malinauskas dari BasketNews, Maksvytis mengundurkan diri karena menandatangani kontrak dengan klub profesional Zalgiris. 



Sejatinya, jabatan kepala pelatih timnas Lithuania diberikan kepada Kestutis Kemzura. Namun dia mengundurkan diri setelah menyetujui kesepakatan dengan klub BC Wolves Vilnius. Sehingga posisi kepala pelatih diberikan kepada Giedrius Zibenas. Dalam laporan tersebut juga dijelaskan bahwa pengumuman Coach Gibbi sebagai kepala pelatih timnas Lithuania akan dilakukan pada 11 Desember 2024, atau usai rapat komite Federasi Bola Basket Lithuania (LKF). 

Foto: BasketNews.com

Coach Gibbi rencananya akan memimpin timnas Lithuania pada Kualifikasi EuroBasket di jendela bulan Februari 2024. Mereka dijadwalkan bertanding melawan Polandia (23 Februari), dan Estonia (26 Februari). Target yang dicanangkan adalah memenangkan kedua laga tersebut agar bisa lolos ke babak utama. Lalu, jika sudah lolos, maka jabatan kepala pelatih akan kembali ke Kazys Maksvytis. 

Nama Giedriuz Zibenas sudah tidak asing lagi bagi penggemar basket di Indonesia. Sebab, dia pernah menjadi pelatih Stapac Jakarta yang sukses membawa tim tersebut menjuarai IBL 2018-2019. Kemudian pada tahun berikutnya dia melatih Prawira Bandung, namun liga berhenti di tengah musim karena pandemi. Setelah kembali ke negaranya, Coach Gibbi merapat ke tim Rytas Vilnius sebagai asisten pelatih. Kemudian dia mengambil alih posisi kepala pelatih sejak 2021 hingga sekarang. Prestasi terbaru yang dibuatnya adalah membawa tim Rytas Vilnius menjadi juara Liga Bola Basket Lituania pada tahun 2022, serta dinobatkan sebagai Coach of The Year di tahun yang sama. (*)

Foto: Dika Kawengian


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *