Don't Show Again Yes, I would!

Doncic, Giannis, dan KAT Satu Grup di Kualifikasi Olimpiade Paris, Berita FIBA

FIBA sudah melakukan pengundian untuk jendela terakhir Kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Di mana salah satu hasil yang mengejutkan adalah menempatkan Slovenia, Yunani, dan Republik Dominika pada grup yang sama. Artinya, bintang-bintang besar NBA akan bersaing untuk mendapatkan satu tiket ke Paris. Mereka adalah Luka Doncic, Giannis Antetokounmpo, dan Karl-Anthony Towns. 

Akan ada 12 tim yang bakal masuk babak utama Olimpiade Paris 2024 untuk cabang olahraga bola basket putra. Sekarang sudah ada delapan tim yang sudah punya tiket. Pertama tentu saja tuan rumah Prancis. Kemudian tujuh sisanya didapatkan dari peringkat teratas masing-masing zona, setelah Piala Dunia Bola Basket 2023. Dari zona Afrika ada Sudan Selatan, kemudian zona Amerika diwakili oleh Kanada dan Amerika Serikat. Dari zona Asia ada Jepang, dan Oceania diwakili oleh Australia. Sedangkan dua tiket lainnya didapatkan oleh Jerman dan Serbia sebagai wakil zona Eropa. 



Kemudian, FIBA pada tanggal 27 November 2023 sudah mengundi 24 tim yang akan mengikuti Turnamen Kualifikasi Olimpiade Paris, yang akan diselenggarakan pada 2-7 Juli 2024. Turnamen ini dibagi di empat kota yaitu, Valencia, Riga, Piraeus, dan Puerto Riko. Dari setiap turnamen tersebut, nantinya akan dipilih juaranya yang akan mendapatkan tiket ke Paris. 

Berikut hasil pengundian turnamen Kualifiksi Olimpiade Paris:

Turnamen 1 di Valencia, Spanyol:
– Grup A: Libanon, Angola, Spanyol
– Grup B: Finlandia, Polandia, Bahama

Turnamen 2 di Riga, Latvia:
– Grup A: Georgia, Filipina, Latvia
– Grup B: Brazil, Kamerun, Montenegro

Turnamen 3 di Piraeus, Yunani:
– Grup A: Slovenia, Selandia Baru, Kroasia
– Grup B: Mesir, Yunani, Republik Dominika

Turnamen 4 di San Juan, Puerto Riko:
– Grup A: Meksiko, Pantai Gading, Lithuania
– Grup B: Italia, Puerto Riko, Bahrain

Dari pembagian grup di atas, yang paling menarik adalah turnamen di Piraeus, Yunani. Karena akan ada tiga bintang NBA yang bakal bersaing demi mendapatkan tiket ke Paris. Mereka adalah Luka Doncic dari Dallas Mavericks yang ada di tim nasional Slovenia, Giannis Antetokounmpo bintang utama Milwaukee Bucks yang tentu saja bermain untuk timnas Yunani, dan pemain andalan Minnesota Timberwolves Karl -Anthony Towns di Republik Dominika. 



“Turnamen Olimpiade akan sangat menarik. Bahkan persaingan mereka untuk mendapatkan tiket saja sudah sangat menegangkan,” kata Sekretaris Jenderal FIBA Andreas Zagklis. 

Dalam turnamen kualifikasi, setiap tim memainkan dua pertandingan melawan grupnya sendiri, dan dua tim teratas di setiap grup melaju ke semifinal. Tim peringkat pertama Grup A akan melawan tim peringkat kedua Grup B, dan sebaliknya, di setiap lokasi. Pertandingan final akan menentukan tiket ke Olimpiade Paris 2024. (*)

Foto: fiba.basketball


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *