Don't Show Again Yes, I would!

Andreas Obst: Kami, Jerman, adalah Juara Dunia, Berita FIBA

Lagi-lagi soal sebutan “juara dunia” untuk juara NBA. Sindiran datang dari Andreas Obst, pemain timnas senior Jerman sejak 2019 hingga menjadi juara di Piala Dunia FIBA 2023. Menurut Obst, juara NBA silahkan saja menyebut diri mereka sebagai juara dunia. Tetapi juara dunia yang sesungguhnya adalah Jerman. 

Kita semua tahu bahwa polemik ini diawali dari pernyataan Noah Lyles. Seorang jura dunia tiga kali lari 200 meter dan juara dunia lari 100 meter di Budapest. Dia mengkritik juara NBA yang menyebut diri mereka sebagai juara dunia. Pernyataan Lyles tersebut kemudian menjadi perdebatan, dan atlet atletik tersebut “diserbu” oleh pemain NBA di media sosial.

Ironisnya, setelah serangan bertubi-tubi yang dilancarkan para pemain NBA, beberapa hari kemudian, Amerika Serikat tersingkir di Piala Dunia FIBA 2023 oleh Jerman di semifinal. Jerman melanjutkan hegemoni mereka dengan sukses mengangkat trofi. Akhirnya, para pemain Jerman kali ini masuk dalam perdebatan, dan berada di sisi Noah Lyles. 

Salah satunya adalah Andreas Obst. Dalam wawancara dengan EuroHoops, pemain Bayern Munich tersebut bilang bahwa Jerman adalah juara dunia yang sesungguhnya. “Di NBA, mereka bilang juara dunia. Karena pemain terbaik dunia tampil di sana. Tapi sebenarnya mereka adalah juara liga nasional, dan kami, Jerman, adalah juara dunia,” kata Obst. 

Peningkatan kualitas pemain Eropa, berbanding lurus dengan naiknya kualitas EuroLeague dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini sekaligus menjadi kunci keberhasilan pemain Jerman menjuarai Piala Dunia FIBA 2023. “NBA selalu punya sikap seperti itu, bahwa mereka adalah yang terbaik dalam semua hal. Pasti Anda bisa menyebutkan ciri-cirinya dalam berbagai hal. Tetapi biarkan mereka mengatakan apa yang mereka inginkan. Pada akhirnya, hal ini tidak akan mengubah apa pun. Mereka bukan juara dunia sekarang,” imbuh Obst. 

Foto: fiba.basketball

Andreas Obst sudah jadi pemain profesional sejak 2014. Pemain 27 tahun tersebut memakai jersei Bayern Munich sejak 2021 hingga sekarang. Sementara karier internasionalnya sudah dimulai sejak usia 16 tahun di tahun 2012. Obst pernah tampil di European Championship mulai usia 16 tahun, 18 tahun, dan 20 tahun. Kemudian dia masuk timnas senior mulai 2019, sehingga sudah tampil di dua Piala Dunia FIBA yakni di tahun 2019 dan 2023. Dia juga membela timnas Jerman di Olimpiade Tokyo. (*)

Foto: fiba.basketball


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *