Don't Show Again Yes, I would!

Starting XI Pemain Muslim Terbaik di Musim 2022/23 Updated

Seluruh umat muslim di dunia akan memulai ibadah puasa Ramadan yang diperkirakan akan dimulai pada 22 atau 23 Maret 2023 mendatang, berbagai persiapan pun sudah mulai dilakukan, tak terkecuali oleh kompetisi sepakbola Eropa yang ternyata memiliki banyak pemain muslim di dalamnya.

Menyambut bulan suci Ramadan, kali ini 90MiN Indonesia akan mencoba menyusun starting XI pemain muslim terbaik di musim 2022/23. Berikut penjabaran lengkapnya.

Yassine Bounou

Yassine Bounou / Soccrates Images/GettyImages

Yassinne Bounou atau yang lebih dikenal dengan panggilan Bono menampilkan performa apik bersama timnas Maroko di Piala Dunia 2022.

Dia berhasil mengantarkan negaranya melaju ke semifinal sebelum akhirnya takluk dari Prancis dan kemudian kalah di perebutan tempat ketiga dari Kroasia.

Saat ini Bono tengah berkarier di Spanyol bersama Sevilla dan sudah mencatatkan enam clean sheet.

Noussair Mazraoui

Noussair Mazraoui / Alexander Hassenstein/GettyImages

Noussair Mazraoui menjadi salah satu pemain kunci Bayern Munchen di musim 2022/23, sejauh ini dirinya sudah tampil dalam 19 pertandingan dengan koleksi tiga assist.

Mazraoui juga membantu Die Roten menempati posisi dua klasemen sementara Bundesliga dan melaju ke perempat final Liga Champions.

Wesley Fofana - Soccer Player

Wesley Fofana / Visionhaus/GettyImages

Wesley Fofana menjadi salah satu pembelian terpenting Chelsea di musim panas 2022, dirinya didatangkan dari Leicester City dengan harga yang mencapai 80 juta euro.

Sempat beberapa kali absen karena dibekap cedera, Fofana kini menjadi sosok penting di lini pertananan Chelsea dan sudah tampil dalam 12 pertandingan dengan koleksi dua gol.

Pemain berusia 22 tahun itu juga sukses membantu timnya lolos ke perempat final Liga Champions. Untuk pertama kalinya, Fofana juga masuk ke skuad senior timnas Prancis untuk kualifikasi Piala Eropa 2024.

Antonio Rudiger

Antonio Rudiger / Quality Sport Images/GettyImages

Antonio Rudiger menjadi salah satu pembelian terpenting Real Madrid di musim panas 2022, dia direkrut dengan status bebas transfer dari Chelsea.

Bek asal Jerman itu langsung mengunci satu tempat di starting XI dan musim ini sudah tampil dalam 38 laga di musim 2022/23.

Terakhir, Rudiger juga berhasil mengantarkan Madrid lolos ke perempat final Liga Champions usai mengatasi perlawanan Liverpool dengan agregat gol 6-2.

Achraf Hakimi

Achraf Hakimi / Jonathan Moscrop/GettyImages

Achraf Hakimi dikenal sebagai pemain yang menempati posisi bek kanan atau bek sayap kanan, namun ternyata dirinya juga bisa ditempatkan di berbagai posisi berbeda, termasuk di antaranya bek kiri.

Hakimi menjadi bagian penting di level klub maupun tim nasional, bersama PSG, dia sudah tampil dalam 32 laga dengan koleksi empat gol dan lima assist sekaligus membantu timnya menempati posisi teratas klasemen sementara Ligue 1.

Sementara bersama Maroko, dia berhasil mengantarkan negaranya melaju ke semifinal, sayang mereka takluk dari Prancis, dan di perebutan tempat ketiga kalah dari Kroasia.

Thomas Partey

Thomas Partey / Octavio Passos/GettyImages

Anda mungkin bingung mengapa kami tidak memasukkan nama N’golo Kante ke dalam daftar, alasannya sederhana, gelandang asal Prancis itu dibekap cedera panjang dan baru kembali ke skuad Chelsea saat timnya ditahan imbang 2-2 oleh Everton, Minggu (19/3) dinihari WIB.

Untuk mengisi lini tengah, kami kemudian memilih Thomas Partey, pemain asal Ghana ini menjadi sosok penting di dalam skuad Arsenal dan sejauh ini sudah tampil dalam 30 laga dengan koleksi tiga gol.

Sebagai tambahan informasi, Partey memutuskan untuk menjadi mualaf sejak Maret 2022 lalu, dia kemudian melangsungkan pernikahan dengan wanita asal Maroko, Sara Bella.

Granit Xhaka

Granit Xhaka / Ryan Pierse/GettyImages

Tak berbeda jauh dengan Thomas Partey, Granit Xhaka juga menjadi sosok penting di dalam skuad Arsenal, musim ini, pria asal Swiss itu sudah tampil dalam 38 pertandingan.

Walau berposisi sebagai gelandang, Xhaka juga bisa diandalkan saat timnya sedang kesulitan membongkar lini pertahanan lawan, sejauh ini, dirinya sudah mengoleksi enam gol.

İlkay Gündoğan

Ilkay Gundogan / Visionhaus/GettyImages

Ilkay Gundogan jelas menjadi salah satu pemain kunci dalam skuad Manchester City, musim ini dirinya sudah tampil dalam 37 pertandingan dengan koleksi empat gol dan assist.

Pemain berpaspor Jerman itu juga sukses membantu Man City lolos ke perempat final Liga Champions dan terakhir ke semifinal Piala FA.

Bergabung dengan City di musim panas 2016, pemain berusia 32 tahun itu sudah tampil dalam 290 laga dengan koleksi 53 gol.

Sadio Mane

Sadio Mane / Alexander Hassenstein/GettyImages

Walau sudah resmi meninggalkan Liverpool di musim panas 2022 lalu, Sadio Mane tetap memperlihatkan konsistensi dan ketajamannya bersama Bayern Munchen, di musim 2022/23 ini, dia sudah mengoleksi 11 gol dan lima assist dari 28 laga.

Bayern pun kini menempati posisi dua klasemen sementara Bundesliga dan akan segera menantang Manchester City di perempat final Liga Champions.

Karim Benzema

Karim Benzema / Angel Martinez/GettyImages

Kualitas yang dimiliki Karim Benzema tentu tak perlu diragukan lagi, dia dikenal sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia.

Walau usianya sudah menginjak 35 tahun, posisinya di lini depan Real Madrid masih belum tergantika. Musim ini, Benzema sudah mengoleksi 19 gol dari 29 pertandingan.

Mohamed Salah

Mohamed Salah / Quality Sport Images/GettyImages

Tidak lengkap rasanya jika membahas pemain muslim terbaik tanpa menyertakan nama Mohamed Salah di dalamnya, seperti diketahui, dia memang dikenal sebagai salah satu penyerang tertajam sekaligus paling konsisten.

Di musim perdana, Salah berhasil mengoleksi 44 gol, meski statistiknya menurun di musim 2018/19 dan hanya mencetak 27 gol, dia sukses membawa The Reds memenangkan Liga Champions.

Kini di musim 2022/23, Salah masih menjadi andalan Jurgen Klopp, meski Liverpool masih tertahan di posisi enam klasemen sementara dan sudah tersingkir dari Liga Champions, pemain asal Mesir itu sudah mengoleksi 22 gol dan 11 assist dari 39 pertandingan.

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *