Don't Show Again Yes, I would!

Sandiaga Uno Klaim Perputaran Uang Rp 4,5 T Selama MotoGP di Sirkuit Mandalika , Terupdate

pojokberita.co.id – Francesco Bagnaia memujinya dengan ”wonderful Indonesia”. Maverick Vinales menyebutnya ”amazing” dan ”spectacular” adalah kata yang dilontarkan Fabio Quartararo.

Tiga pembalap teratas dalam balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, kemarin itu melontarkan pujian atas cenderamata hasil produk ekonomi kreatif dari komunitas keris pasak Nusa Tenggara Barat yang mereka terima.

Suvenir tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

”Ini adalah sirkuit yang terindah dan favorit bagi para rider,” ujar Sandiaga saat konferensi pers di Media Center Indonesia, Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, sebagaimana dilansir Lombok Post kemarin (15/10).

Baca Juga: Kunci Dominasi Veda Ega Pratama di IATC 2023 Mandalika

Sandi menuturkan, lebih dari 102 ribu penonton datang menyaksikan pacuan kuda besi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini. Angka itu melebihi target, yaitu 100 ribu penonton.

Dalam hitung-hitungannya, lanjut Sandi, terjadi perputaran uang Rp 4,5 triliun buntut dari perhelatan MotoGP Mandalika tahun ini. ”Sekarang terbukti Mandalika menjadi kawasan pariwisata terpadu yang berkelanjutan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Menteri Sandi sudah menempatkan branding baru ”Wonderful of Indonesia” pada beberapa titik di KEK Mandalika setelah berhasil bernegosiasi dengan Dorna selaku penyelenggara MotoGP. Ada 119 media partner internasional yang menjangkau 200 negara dengan jumlah penonton yang terverifikasi sebanyak 500 juta orang.

Baca Juga: Arbi Petik Pelajaran Berharga dari Debut Moto3 di Sirkuit Mandalika

”Jadi, ketika lagi asyik-asyiknya menonton balapan di tikungan ke-16 dan 18, keluarlah branding nasional Wonderful of Indonesia,” katanya.

Sementara itu, pengembangan KEK Mandalika menjadi salah satu contoh sukses investasi dalam sektor pariwisata. Misalnya, penanaman modal pada hotel berbintang lima, sirkuit balap internasional, serta sarana dan prasarana bertaraf dunia.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK Susiwijono Moegiarso berharap KEK Mandalika menjadi berlian pariwisata Indonesia dengan mengedepankan destinasi pariwisata olahraga (sport tourism).

Baca Juga: Infrastruktur Sirkuit Mandalika Mendapat Pengakuan, Dorna: Tahun Ini Lebih Baik

Hingga September 2023, kumulatif realisasi investasi di KEK Mandalika mencapai Rp 4,79 triliun. Dari realisasi investasi tersebut, dalam periode yang sama, KEK Mandalika telah menyerap tenaga kerja per September 2023 sebanyak 8.154 orang (termasuk tenaga kerja WSBK 2023).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *