Don't Show Again Yes, I would!

Pembalap MotoGP Jalani Latihan Bebas Hari Ini di Sirkuit Mandalika dan Ikut Bersih-Bersih Pantai , Terupdate

pojokberita.co.id – Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika diklaim sudah siap 100 persen untuk menggelar balapan MotoGP. Rangkaiannya bakal dimulai dari sesi latihan bebas hari ini.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandi Satria menjelaskan, Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika dinyatakan lolos proses homologasi dengan grade A dari Federasi Motor Internasional (FIM) dan Dorna, promotor MotoGP. Artinya, sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia tersebut layak untuk menggelar balapan MotoGP.

”Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM. Ini berarti Pertamina Mandalika International Circuit sudah layak untuk dijadikan tempat ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 (Indonesian MotoGP) 13–15 Oktober 2023,” ungkap Priandi seperti dilansir Lombok Post.

FIM homologasi telah memeriksa segala sesuatu yang berada di lintasan. Di antaranya, permukaan, standar cat, dan susunan ban di dinding sirkuit. Hasilnya bagus sesuai persyaratan.

Agenda utama yang dilaksanakan hari ini adalah latihan bebas dan latihan resmi untuk pembalap MotoGP. Kemudian, Sabtu (14/10) diisi dengan latihan bebas, kualifikasi, dan sprint race MotoGP. Selanjutnya, balapan utama dilaksanakan Minggu (15/10). Dimulai dari pemanasan, balapan Moto3, balapan Moto2, hingga balapan utama MotoGP yang akan berlangsung 27 putaran.

Dari pantauan Lombok Post kemarin di Sirkuit Mandalika, sejumlah pembalap terlihat belum melakukan latihan di dalam lintasan sirkuit. Mereka terlihat beraktivitas santai bersama tim masing-masing di paddock. Termasuk memberikan tanda tangan dan foto bersama para penggemar seperti yang dilakukan Alex Rins.

Cuaca panas yang sedang menyelimuti Indonesia juga membuat Jack Miller, pembalap Red Bull KTM Factory Racing, terlihat mondar-mandir mengangkat air galon ke ruangan timnya. Air tersebut digunakan untuk berendam mengurangi dampak cuaca panas yang dirasakan pembalap Australia tersebut.

Bersih Pantai dan Tanam Terumbu Karang

UNTUK BERENDAM: Pembalap Red Bull KTM Factory Racing Jack Miller mengangkat galon berisi air untuk berendam di paddock Sirkuit Mandalika Kamis (12/10). Hal itu dilakukan karena suhu udara di sirkuit. (IVAN/LOMBOK POST)

Sementara itu, enam pembalap MotoGP, Moto2, dan Moto3 mengikuti sejumlah side event sebelum menjajal lintasan balap di Sirkuit Mandalika kemarin (12/10). Mulai penyambutan tarian gandrung Sasak dengan Maverick Vinales dkk ikut menari, lalu penanaman terumbu karang serta bersih-bersih pesisir Kuta Beach Park The Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Miguel Oliveira, Maverick Vinales, dan Takaaki Nakagami juga tak tampak canggung mengikuti bersih-bersih pantai. Tak ketinggalan, dua pembalap Moto2, Alonso Lopez dan Manuel Gonzalez, juga ikut ambil bagian. Sementara itu, satu pembalap Moto3 yang ikut menanam terumbu karang dan bersih-bersih pantai adalah Ayumu Sasaki.

Penyelenggaraan MotoGP akhir pekan ini juga memicu peningkatan jumlah pergerakan penumpang hingga 15 persen. ”Tercatat berjumlah 7.500 orang. Sebelumnya rata-rata hanya sekitar 6.500 penumpang per hari,” ucap General Manager AP I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan kepada Lombok Post.

Menurut dia, peningkatan jumlah pergerakan penumpang di Bandara Lombok memang belum signifikan. Namun, biasanya peningkatan penumpang di ajang MotoGP Mandalika itu terjadi H-1 balapan. ”Biasanya peningkatan penumpang terjadi pada H-1 balapan dan H+1 atau 16 Oktober 2023,” tambahnya.

Untuk transportasi, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Junaidi Kasum mengatakan, semua kendaraan sudah siap. Untuk kendaraan berupa bus Hiace, bus besar, dan bus medium, pengaturannya diambil alih oleh dinas perhubungan (dishub).

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *