Don't Show Again Yes, I would!

Jadi Tuan Rumah FIBA Asia Cup 2025, Arab Saudi Gencar Kembangkan Wisata Olahraga, Berita FIBA

Lokasi FIBA Asia Cup 2025 telah ditentukan. Turnamen tersebut akan berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Ini menjadi kedua kalinya Arab Saudi menggelar FIBA Asia Cup. Sebelumnya mereka menjadi tuan rumah pada edisi 1997 di Riyadh.

Pada turnamen yang berlangsung 26 tahun silam, Korea Selatan menjadi juara. Pada pertandingan final, mereka mengalahkan Jepang dengan skor dramatis 78-76. Sementara Cina menempati posisi ketiga usai membungkam tuan rumah.



“Kembalinya FIBA Asia Cup ke Arab Saudi untuk pertama kalinya dalam hampir tiga dekade melambangkan komitmen Kerajaan terhadap pertumbuhan bola basket dan semangat mereka terhadap olahraga ini,” kata Direktur Eksekutif Kantor Regional FIBA Asia Hagop Khajirian.

Terpilihnya Arab Saudi sebagai tuan rumah FIBA Asia Cup 2025 semakin mengukuhkan upaya negara tersebut untuk mengembangkan wisata olahraga (sport tourism). Ini sebagai langkah Arab Saudi untuk beralih dari ketergantungan minyak sebagai sumber pendapatan utama negara.

Tidak hanya dari bola basket. Beberapa waktu lalu, Arab Saudi juga terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034. Arab Saudi menjadi tuan rumah tunggal. Padahal sejak edisi 2026, FIFA memilih tuan rumah bersama.

Baca juga: Mbappe Tolak Gaji Fantastis, Para Pemain NBA Tawarkan Diri ke Al Hilal

Dalam bidding Piala Dunia FIFA 2034 itu, Arab Saudi mengalahkan persaingan dari tuan rumah bersama Cina, Hongkong, dan Makau; Australia, Selandia Baru, Indonesia, Malaysia, dan Singapura; serta Asia Tenggara.

Dari ranah sepak bola juga, Arab Saudi mendatangkan pemain-pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo, Karim Benzema, hingga Neymar Jr. untuk berlaga di Saudi Pro League. Arab Saudi menggelontorkan uang miliaran dolar untuk memboyong para pemain itu. Tahun ini mereka menjadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2023,

Arab Saudi juga berinvestasi di berbagai olahraga kelas dunia lain. Sebut saja F1, golf, balap sepeda, hingga tinju bergantian mengunjungi negara itu sejak 2017. Kabarnya Arab Saudi juga berupaya melobi NBA dan NHL (hoki) untuk bisa digelar di negara tersebut.



Baca juga: Arab Saudi Mengancam NBA?

NBA sendiri juga sudah membuka pintu ke Timur Tengah dengan menggelar laga pramusim di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada 2023 dan 2024 dengan tajuk NBA Global Games. Sebagai industri olahraga, tawaran uang Arab Saudi memang menggiurkan.

Sebut saja saat Al-Hilal memberi tawaran Kylian Mbappe dengan jumlah AS$776 (senilai Rp11 triliun) per tahun! Para bintang NBA seperti Giannis Antetokounmpo hingga LeBron James pun tak segan menawarkan diri ke Arab Saudi meski dibalut lelucon.

Kini tinggal menunggu gebrakan Arab Saudi untuk memboyong bintang-bintang NBA berlaga di negara tersebut. Bukan hal yang tidak mungkin Arab Sudi malah membuat liga yang menyaingi NBA. (rag)

Foto: FIBA


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *