Don't Show Again Yes, I would!

Indonesia Patriots Tidak Mengikuti IBL 2024, Berita IBL

Jumlah peserta Indonesian Basketball League (IBL) dipastikan berkurang pada musim mendatang. PP Perbasi memutuskan tidak mengikutsertakan Indonesia Patriots di IBL 2024. Timnas yang berisi pemain muda tersebut akan menjalani program pengembangan lain.

Perbasi menjalin kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania. Untuk itu para pemain muda Indonesia akan menjalani berbagai turnamen di luar negeri sesuai program mereka dengan Lithuania.



“Kerja sama dengan Federasi Bola Basket Lithuania membuat kami harus lebih fokus memberi ruang lebih banyak kepada pemain muda untuk mendapatkan jam terbang. Salah satunya mengirim mereka ke Lithuania,” ujar Danny.

Dalam keterangan resminya pada Sabtu (11/11), Dirut IBL Junas Miradiarsyah mengatakan pihaknya sudah menerima konfirmasi dari Perbasi terkait status Patriots musim depan.

“Tentunya IBL selalu mendukung program-program tim nasional Indonesia. Kami juga turut bangga selama ini bisa mematangkan para pemain muda Indonesia bersama Indonesia Patriots di kompetisi IBL,” ujar Junas.

Patriots awalnya terbentuk dan berlaga pada IBL 2020. Perbasi mengikutsertakan timnas di liga bola basket profesional untuk mempersiapkan diri ke Piala Dunia FIBA 2023. Tetapi langkah itu tidak maksimal. Indonesia tidak lolos sesuai syarat dan tidak tampil di Piala Dunia FIBA 2023 meski berstatus tuan rumah.

Konsep awal Patriots adalah pemain-pemain senior saat IBL 2020. Mereka memanggil pemain dari klub-klub untuk masuk ke Patriots. Langkah itu berdampak pada klub yang pemainnya banyak dipanggil Patriots. Salah satunya Aspac Jakarta. Sejak 2020, Aspac tidak ikut serta lagi di IBL.

IBL 2020 berhenti di tengah jalan karena pandemi. Kemudian Patriots berubah konsep dengan menampilkan pemain-pemain muda. Konsep itu dimulai pada IBL 2021 hingga 2023. Meski ikut IBL, Patriots hanya berpartisipasi di musim reguler saja.

IBL 2024 akan menggunakan sistem kandang-tandang sejak seri reguler. Sejauh ini sudah ada tiga tim yang berganti nama ataupun homebase. Bumi Borneo Basketball menjadi Borneo Hornbills. Evos Thunder Bogor pindah dan berganti menjadi Rajawali Medan. Serta Rans Pik Basketball menjadi Rans Simba Bogor.



Selain itu, IBL 2024 juga tidak lagi menggunakan sistem draft. IBL 2024 juga mulai menerapkan salary cap. (rag)

Foto: IBL


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *