Tak Terbayangkan, MotoGP Tanpa Honda , Terupdate

pojokberita.co.id – Tidak pernah ada hal yang lebih buruk dihadapi Honda di MotoGP daripada saat ini.

Tiga dari empat pembalap yang dikontrak Honda saat ini sedang mencari jalan keluar untuk pindah ke tim lain musim depan. Satu-satunya rider yang “terpaksa bertahan” adalah Taka Nakagami. Karena dia berutang karir MotoGP-nya kepada Honda.

Selain itu, satu-satunya tim satelitnya saat ini LCR sedang didekati oleh KTM. 

Dengan semua hal tersebut, tidak mengherankan jika banyak orang yang mulai berspekulasi terkait masa depan Honda di MotoGP.

Namun, dengan balapan yang menjadi bagian dari DNA perusahaan Jepang itu sejak awal berdirinya, apakah mungkin kita akan melihat MotoGP tanpa lambang sayap mengepak?

Saat ini, Honda menghuni posisi keempat klasemen sementara konstruktor MotoGP. Hanya satu posisi di tas Yamaha yang tak terpuruknya kondisinya saat ini.

Repsol Honda berada di urutan terakhir klasemen tim pabrikan. Tim ini tidak pernah finis di posisi 10 besar pada balapan reguler Minggu musim ini. Posisi ke-11 Joan Mir di Portimao adalah yang terbaik yang pernah diraih.

Di klasemen pembalap, cedera membuat Marc Marquez dan Joan Mir mengalami musim yang tak kalah sulit. Sang juara dunia MotoGP enam kali berada di urutan ke-19 dan Mir yang memenangkan gelar juara dunia 2020 berada terjerembab di posisi ke-26.

Hanya Alex Rins yang berhasil memenangi satu balapan kejutan di Circuit of the Americas  (COTA) dengan motor satelit LCR. Saat ini bertengger di urutan ke-13. Dan ia belum pernah mencetak poin sejak akhir pekan yang luar biasa di Austin tiga bulan lalu itu.

Kemenangan di Grand Prix Emilia Romagna 2021 pada Oktober lalu, adalah kali terakhir Marquez berdiri di podium teratas.

Di luar statistik buruk di klasemen, ada cerita lain yang tak kalah mengenaskan. Daftar panjang pembalap yang tertimpa cedera akibat kesulitan menaklukkan RC213V.

Marquez mengalami patah tulang dua kali, pertama pada seri pembuka di Portimao dan sekali lagi di Sachsenring- trek yang memberinya status tak terkalahkan.

Sementara Mir telah melewatkan beberapa balapan akibat kecelakaan di Mugello.

Dan, yang terburuk, Rins telah absen dalam beberapa balapan dan tampaknya akan absen lebih lama meskip sudah melewati jeda musim panas selama lima pekan setelah mengalami patah kaki di Mugello bulan lalu. 

Tinggalkan komentar