Satria Muda dan Pelita Jaya Amankan Tempat di Semifinal (Hari 3 Seri 8 IBL 2017), Berita IBL

Perseteruan tim papan atas dalam Indonesian Basketball League (IBL) 2017 menjadi penghias hari penutup musim reguler. Salah satu pertandingan itu menampilkan Satria Muda Pertamina Jakarta melawan Bank BJB Garuda Bandung yang menuai riuh rendah penonton. Hasil akhir menunjukkan Satria Muda behasil menumbangkan Garuda 68-62 di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu (19/3).

Dalam pertandingan itu, Tyreek Jewell menjadi penampil gemilang dengan double-double 17 poin dan 13 rebound, juga 7 asis sebagai tambahan. Selain itu, Muhammad Rizal Falconi berhasil menutup musim reguler pertamanya bersama Satria Muda dengan baik. Ia mencetak 16 poin dengan persentase 87,5 persen melawan bekas timnya.

Di pihak Garuda, Diftha Pratama luput dari pengawasan lawan. Ia berhasil mencetak 18 poin sementara para pemain asing ditekan Satria Muda. Hanya saja dalam pertandingan itu Chris Ware masih berkontribusi 13 poin dan 9 rebound. Di tempat ketiga, Wendha Wijaya dari bangku cadangan mengoleksi 10 poin.

Pertandingan di tiga menit pertama berjalan alot. Tidak ada skor tercipta sampai Satria Muda memecah kebuntuan. Sejak itu mereka meninggalkan Garuda dan menutup kuarter pertama dengan margin 21-13. Di dua kuarter selanjutnya, tim asal Kota Kembang itu masih saja tertinggal. Namun, kuarter empat mereka bangkit hendak menyusul. Sayang, usaha itu tidak membuahkan kemenangan. Satria Muda tetap unggul sampai akhir dengan skor cukup ketat 68-62.

Dengan hasil itu, Satria Muda semakin yakin menempati peringkat pertama Divisi Merah. Mereka telah dinyatakan lolos ke babak Playoff. Sementara itu, meski kalah Garuda pun tetap berhasil mengamankan tempat ketiga dan berhak ke Playoff.

“Kami bisa lebih berkembang lagi,” komentar Youbel Sondakh, kepala pelatih Satria Muda untuk menghadapi babak selanjutnya.

Pelita Jaya Ke Semifinal

Seperti halnya Satria Muda, Pelita Jaya EMP Jakarta juga lolos ke babak Playoff. Setelah menumbangkan Pacific Caesar Surabaya 70-61 di hari dan tempat yang sama, mereka mengukuhkan tempat di semifinal. Dengan kemenangan itu, Ponsianus Indrawan mengaku senang.

“Teman-teman luar biasa,” ujar Komink —sapaan akrab Ponsianus.

Hal senada rupanya juga dikatakan Kepala Pelatih Johanis Winar. Menurutnya, sejauh ini timnya sudah menunjukkan kerjasama yang solid. Oleh karena itu, ia kemudian memberikan pujian atas usaha mereka, terutama dalam pertandingan melawan Pacific hari itu. Akan tetapi, anak asuhnya ini masih harus bekerja lebih keras untuk menghadapi babak selanjutnya.

Maka dari itu, meski tinggal menunggu lawan di semifinal, baik Pelita Jaya maupun Satria Muda merasa tidak boleh lengah. Dalam rentang waktu yang mereka miliki, keduanya akan tetap menjaga kondisi dan terus melatih hal-hal yang diperlukan. Sementara itu, babak Playoff akan digelar pertama kali pada 31 Maret-3 April di Surabaya dan 7-9 April di Bandung.

Hasil Pertandingan Hari 3 Seri 8 IBL 2017:

NSH Jakarta 109-85 Satya Wacana Salatiga

Pelita Jaya EMP Jakarta 70-61 Pacific Caesar Surabaya

Satria Muda Pertamina Jakarta 68-62 Bank BJB Garuda Bandung

CLS Knights Surabaya 82-65 Hangtuah Sumatera Selatan

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar