Tumbangkan Bima Perkasa, Pelita Jaya Incar Sapu Bersih, Berita IBL

Pelita Jaya Basketball mesti berhadapan dengan Bank BPD DIY Bima Perkasa Yogyakarta di hari kedua IBL Seri 5 Bandung. Pada kesempatan itu, Pelita Jaya menang 73-58 di C-Tra Arena, Bandung, Sabtu 26 Januari 2019. Carlton Hurst, pemain asing baru mereka, mencetak 17 poin dan 9 rebound untuk Pelita Jaya.

Di belakang Hurst, Xaverius Prawiro mencetak 14 poin. Andakara Prastawa 13 poin. Ponsianus Indrawan 12 poin dan 6 rebound. Sementara itu, Bima Perkasa mengandalkan David Atkinson untuk mendulang 25 poin. David Seagers, garda asing mereka, juga menyumbang 22 poin plus 8 rebound dan 4 asis. Namun, keduanya gagal mempersembahkan kemenangan.

Pelita Jaya menang tanpa pernah tertinggal sekalipun. Mereka membuka pertandingan dengan baik sehingga bisa unggul 17-0 di empat menit pertama. Pelita Jaya benar-benar membuat Bima Perkasa kesulitan menembus pertahanan mereka. Tim asal Yogyakarta itu nirpoin sampai akhirnya Atkinson memecah kebuntuan lewat tripoin. Itu pun tripoin masuk pertama dari 10 percobaan.

Kendati berhasil mencetak tripoin pertamanya, Bima Perkasa tidak serta merta bisa mendekati Pelita Jaya. Tim asuhan Fictor Roring itu justru semakin menjauh. Mereka menutup kuarter satu dengan skor 23-8.

Di kuarter dua, Bima Perkasa mulai mendapatkan permainannya. Mereka bisa mengimbangi Pelita Jaya dengan sama-sama mencetak 16 poin saat itu. Namun, Pelita Jaya terus memimpin total poin dengan skor 39-24. Ada selisih sekitar 15 poin yang memberi mereka keuntungan.

Pertandingan berlanjut ke kuarter tiga. Namun, Pelita Jaya tidak tampil seperti sebelumnya. Mereka hanya mencetak tujuh poin sampai pertengahan kuarter. Sementara itu, Bima Perkasa justru terus menekan lewat Atkinson yang mencetak 10 poin di kuarter itu. Untungnya, Pelita Jaya bisa bangkit untuk tetap memberi jarak dengan selisih 13 poin (52-39).

Di kuarter empat, meski harus kehilangan Xaverius karena lima pelanggaran, Pelita Jaya tetap bisa menjaga keunggulan mereka dengan rentang belasan angka. Bima Perkasa tidak sempat menggulingkan mereka. Pelita Jaya menang 73-58. Kepala Pelatih Fictor Roring pun senang anak-anak asuhnya bisa melangkah lebih jauh.

Menurut Fictor, pemain lokal di Seri 5 Bandung ini bermain baik. Mereka bisa mempersembahkan dua kemenangan meski tim belum stabil karena ada pergantian pemain asing. Namun, para pemain lokal ini bisa membantunya untuk terus meningkatkan permainan. Mereka pun menargetkan untuk sapu bersih karena memang selalu haus kemenangan. Apalagi tim ini, menurutnya, masih bisa berkembang.

“Kalau sapu bersih terlalu jemawa sebenarnya, tapi kami selalu ingin menang. Kami memang sudah seharusnya bermain di level itu. Kami tidak bisa membiarkan satu kekalahan pun,” ujar Fictor seusai pertandingan.      

Selanjutnya, Pelita Jaya akan memburu satu kemenangan lagi melawan NSH Jakarta di hari terakhir besok. Sementara itu, Bima Perkasa sudah tidak akan tampil lagi di sisa Seri 5.  

Foto: Hariyanto


Tinggalkan komentar