Tuding Kades Potong Dana BPNT dan PKH, 1200 KPM Buat Pernyataan Tidak Ada Potongan

  • Whatsapp
salah seorang KPM, tengah menandatangani surat pernyataan.
banner 468x60

GARUT, Pojokberita.co.id – Sebanyak 1200 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan PKH, yang ada di Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, membuat surat pernyataan tidak adanya pemotongan dana yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) dan pengurus APDESI Kecamatan Bungbulang.

Hal ini dilakukan, setelah beredarnya pemberitaan di salah satu media online atas dasar sumber LSM asal Bandung. Penerima bantuan seketika kaget adanya pemberitaan tersebut. Bahkan, dalam isi berita yang diduga melakukan potongan adalah Kepala Desa dan pengurus APDESI.

” Kaget saja mendengarnya, tidak pernah ada keterlibatan Kades dan APDESI dalam program BPNT dan PKH. Ini kami buat surat pernyataan atas dasar hati nurani, tidak mau pimpinan masyarakat di fitnah,” ujar salah seorang KPM, Selasa (30/11/2021) saat di wawancara.

Sementara Kepala Desa Bungbulang, Fiki Ramdani, membenarkan adanya surat pernyataan yang ditandatangani oleh 1200 KPM penerima BPNT dan PKH, yang tersebar di 17 RW dan 58 RT.

” Tiba-tiba mereka secara sepontan, setelah adanya pemberitaan. Mereka secara ikhlas sesuai dengan hati nurani membuat pernyataan,” ucapnya.

Dikatakan Fiki, awalnya surat pernyataan datang dari satu RW, tetapi setelah di cek kelapangan. KPM yang ada di RW lainnya semuanya menyerahkan surat pernyataan yang isinya sama.

” Ini saya anggap, mereka tidak pernah ada potongan dana. Saya sebagai Kepala Desa tidak mengetahui adanya pembuatan surat pernyataan yang dibuat oleh seluruh KPM,” cetusnya.

Fiki berharap, dalam proses penyaluran BPNT dan PKH seterusnya berjalan sesuai dengan aturan. Yang mana agen Bank Mandiri, selalu memperhatikan kualitas dan kuantitas yang baik serta penyaluran tepat waktu.

” Jalankan sesuai dengan aturan Pedum. Jangan sampai menjadi persoalan dan berujung menjadi konflik,” katanya.(EM)***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60