Timnas Basket Putra Indonesia Raih Emas di ASG 2024!, Berita DBL

Timnas Basket Putra Indonesia rengkuh medali emas di ASEAN School Games 2024. Kepastian ini didapat usai mengalahkan Filipina di babak final dengan skor akhir 56-54, Jumat 7 Juni 2024 di Vietnam.

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal kuarter. Praktis, Indonesia tidak pernah tertinggal jauh atas Filipina. Margin paling jauh hanya selisih 3 poin.

Indonesia berhasil melaju 7-2 di paruh kuarter ketiga sebelum akhirnya Filipina kembali mengejar ketertinggalan. Beranjak ke kuarter pamungkas, Indonesia tampil makin solid.



Meski sempat tertinggal 2 poin, Indonesia berhasil menambah 10 poin dua menit sebelum pertandingan usai. Indonesia unggul (49-43). Namun, Filipina mengejar dan menipiskan jarak dengan tambahan 6 poin.

Baca juga: Alumni SAC Indonesia Raih Dua Medali di Ajang 13th ASEAN School Games 2024

Dua poin dari Filipina di tiga detik sebelum tutup pertandingan membuat margin skor kian menipis. Filipina hanya selisih satu poin atas Indonesia (55-54).

Halmaheranno Aprianto menggenapkan kemenangan Indonesia lewat satu tembakan gratis (free throw) di tiga detik akhir. Buah dari foul yang dilakukan oleh Filipina.

Fakhri Afrinaldi Putra (SMA Al-Izhar Pondok Labu) dan I Ketut Gede Bayu Prayoga (SMAN 1 Denpasar) tampil dominan di waktu krusial. 

I Ketut Gede berhasil memasukkan tiga poin, dua poin plus satu tembakan gratis, di satu menit sebelum pertandingan usai. Melebarkan jarak Indonesia dari Filipina (55-52).

Secara total, I Ketut Gede mencetak double-double dengan 12 poin plus 14 rebound. Disusul oleh Richie Bertrand dengan 12 poin dan 4 rebound. Fakhri Putra melengkapi, 10 poin dan 5 rebound.

Kemenangan ini sekaligus membalas kekalahan Indonesia atas Filipina di babak grup. Saat itu, Indonesia kalah dari Filipina dengan skor 65-57.

Dari total roster Timnas Putra Indonesia, 9 di antaranya adalah pemain Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024. Dari 9 pemain itu, 5 pemain juga termasuk jajaran skuad elite Kopi Good Day DBL Indonesia All-Star 2024. (*)


Tinggalkan komentar