Skuad Prancis di Final Piala Dunia 2018 Updated

Tim nasional Prancis menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia 2022, mereka pun berhasil menjawab ekspektasi tinggi yang diberikan publik dengan melaju ke partai final usai mengatasi perlawanan Maroko di babak semifinal dengan skor 2-0, Kamis (15/12) dinihari WIB.

Pencapaian skuad asuhan Didier Deschamps tentu terbilang istimewa karena mereka berpotensi mempertahankan gelar karena sebelumnya di tahun 2018, mereka sukses merengkuh titel juara usai menaklukkan Kroasia dengan skor 4-2 di final.

Kali ini 90MiN Indonesia akan mengajak pembaca untuk sedikit bernostalgia dan melihat siapa saja pemain yang berperan penting di balik kesuksesan Les Bleus memenangkan Piala Dunia 2018. Berikut penjabaran lengkapnya.

FIFA World Cup 2018 Russia"France v Croatia"

Hugo Lloris / VI-Images/GettyImages

Hugo Lloris dipercaya menjadi kiper utama Prancis di Piala Dunia 2018, dia pun berhasil membayar kepercayaan yang diberikan Didier Deschamps dengan penampilan apik di bawah mistar gawang.

Saat ini Lloris sudah menginjak usia 35 tahun, namun pemain yang saat ini tengah membela Tottenham Hotspur itu juga masih diandalkan dan bahkan masih mengemban tugas sebagai kapten tim.

Benjamin Pavard

Benjamin Pavard / Matthew Ashton – AMA/GettyImages

Benjamin Pavard menjadi salah satu pemain yang cukup menyita perhatian di Piala Dunia 2018, performa apiknya bahkan membuat Bayern Munchen sukses mendatangkannya di musim panas 2019 dengan harga 35 juta euro.

Saat ini pemain berusia 26 tahun itu juga masih menjadi bagian dari skuad Les Bleus di Piala Dunia 2022, namun dia baru satu kali diturunkan yakni kala melawan Australia di laga pembuka babak fase grup.

France v Argentina: Round of 16 - 2018 FIFA World Cup Russia

Raphael Varane / PressFocus/MB Media/GettyImages

Di jantung pertahanan, Prancis memiliki Raphael Varane, kala itu dirinya menjadi piliha utama karena konsistensinya bersama Real Madrid.

Saat ini, Varane juga masih menjadi bagian penting dari skuad Deschamps, namun bek berusia 29 tahun itu kini sudah meninggalkan Madrid dan tengah mengadu nasib di Inggris bersama Manchester United.

Samuel Umtiti

Samuel Umtiti / Fred Lee/GettyImages

Samuel Umtiti juga menjadi salah satu pemain penting di dalam skuad Prancis di Piala Dunia 2018, sayang, di Piala Dunia 2022 namanya tidak masuk dalam daftar pemain yang dipilih Didier Deschamps.

Saat ini Umtiti masih aktif bermain dan tengah membela klub asal Italia, Lecce.

Lucas Hernandez

Lucas Hernandez / Laurence Griffiths/GettyImages

Lucas Hernandez menjadi salah satu pemain yang sukses menyita perhatian di Piala Dunia 2018, dia bahkan selalu menjadi pilihan utama sekaligus tampil penuh dalam setiap pertandingan.

Pemain berusia 26 tahun itu juga kembali masuk ke dalam skuad Prancis untuk Piala Dunia 2022. sayang, dia hanya bermain selama 13 menit di laga perdana kontra Australia usai dibekap cedera ACL.

Jika di tahun 2018 lalu Lucas masih berstatus sebagai pemain Atletico Madrid, saat ini dirinya tengah berkarier di Jerman dan tengah membela Bayern Munchen.

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe / Matthew Ashton – AMA/GettyImages

Kylian Mbappe jelas menjadi pusat perhatian di Piala Dunia 2018, di usianya yang saat itu baru menginjak 19 tahun, dia sukses mengoleksi empat gol.

Jika saat ini kita mengenal Mbappe sebagai salah satu pemain depan paling berbahaya, di tahun 2018, secara tak terduga Deschamps menempatkannya sebagai gelandang.

Mbappe saat ini juga masih menjadi bagian penting dari skuad Les Bleus, di Piala Dunia 2022, bintang PSG itu sudah mengoleksi lima gol.

FIFA World Cup 2018 Russia"France v Croatia"

Paul Pogba / VI-Images/GettyImages

Paul Pogba juga menjadi salah satu pemain kunci di dalam skuad Prancis di Piala Dunia 2018, sayang kali ini dia tak masuk dalam daftar pemain yang dibawa Deschamps ke Qatar karena sang pemain masih menjalani pemulihan pasca dibekap cedera lutut.

Jika di tahun 2018 Pogba masih berstatus sebagai pemain Manchester United, kini di tahun 2022 dirinya sudah resmi hengkang ke klub lamanya, Juventus.

France v Argentina: Round of 16 - 2018 FIFA World Cup Russia

N’golo Kante / PressFocus/MB Media/GettyImages

Konsistensi N’golo Kante bersama Chelsea membuat dia dengan mudah masuk ke dalam skuad Prancis di Piala Dunia 2018, dirinya juga hampir selalu menjadi pilihan utama Didier Deschamps.

Sayang, Kante harus absen di Piala Dunia 2022 usai dirinya masih menjalani proses pemulihan cedera hamstring.

Blaise Matuidi

Blaise Matuidi / Shaun Botterill/GettyImages

Blaise Matuidi menjadi salah satu pemain senior di dalam skuad Prancis, dia berhasil menembus timnas senior pada tahun 2010.

Piala Dunia 2018 merupakan turnamen terakhir Matuidi bersama Prancis, pasalnya dia memutuskan pensiun dari timnas pada tahun 2019.

Walau sudah pensiun dari timnas, pemain berusia 35 tahun itu saat ini masih aktif bermain bersama klub asal Amerika Serikat, Inter Miami.

Antoine Griezmann

Antoine Griezmann / Matthew Ashton – AMA/GettyImages

Antoine Griezmann menjadi salah satu pemain penting Prancis di Piala Dunia 2018, saat itu dia sukses mengoleksi empat gol dan assist.

Saat ini, pemain berusia 31 tahun itu masih menjadi andalan Didier Deschamps di Piala Dunia 2022, walau belum mencatatkan namanya di papan skor, bintang Atletico Madrid itu sudah berhasil menorehkan tiga assist.

France v Argentina: Round of 16 - 2018 FIFA World Cup Russia

Olivier Giroud / PressFocus/MB Media/GettyImages

Olivier Giroud menjadi pusat perhatian di Piala Dunia 2018, publik bahkan cukup heran dengan keputusan Deschamps yang terus memainkannya meski sang pemain tidak mencetak satu gol pun sepanjang turnamen berlangsung.

Kini di Piala Dunia 2022, Giroud juga masih diandalkan di dalam skuad, berbeda dengan edisi sebelumnya, kali ini dia sudah mengoleksi empat gol, bahkan pemain berusia 36 tahun itu juga berhasil menjadi top skorer sepanjang masa Prancis menggeser Thierry Henry.

Florian Thauvin, Kylian Mbappe

Florian Thauvin / Catherine Ivill/GettyImages

Tinggalkan komentar