Satya Wacana Kunci Satu Kemenangan di Seri VII, Berita IBL

Setelah mengalami kekalahan kemarin, Satya Wacana Salatiga akhirnya bangkit di laga kedua. Mereka berhasil menumbangkan BSB Hangtuah di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu 3 Februari 2018. Mereka menang 80-64.

Madarious Gibbs menjadi pencetak angka terbanyak di laga ini. Ia menorehkan 30 poin, 5 asis, dan 5 rebound. Jontaveous Sulton—yang sebelum ini mengalami cedera engkel—justru bisa tampil maksimal. Ia mengemas double-double 26 poin dan 24 rebound.

Sementara itu, Hangtuah memanfaatkan peran kombinasi pemain lokal dan asing. Keenan Palmore mencetak double-double 23 poin dan 12 rebound. Nahshon George juga mencetak double-double dengan 16 poin dan 16 rebound. Namun, sayangnya ia harus keluar lapangan sebelum waktunya lantaran melakukan lima kali pelanggaran.

Di saat kesulitan membalikkan keadaan, rookie Hangtuah, Abraham Wenas, justru hadir sebagai tombak lain tim ini. Ia mencetak 16 poin dengan persentase tembakan 58,3 persen. Hanya saja ia kesulitan di kuarter akhir dan absen mencetak poin di kuarter empat. Apalagi strategi tidak berjalan dengan baik.

Menurut Kepala Pelatih Andika Saputra, Hangtuah hari ini terlambat panas. Mereka mengawali laga dengan buruk. Itu diperparah dengan tidak berjalannya strategi sesuai rencana.

“Di kuarter satu-dua kami lengah di second chance points,” ujar Andika seusai laga.

Sementara itu, Satya Wacana justru berhasil menjalankan strategi mereka. Menurut Efri Meldi, timnya berusaha bermain dengan sistem bertahan yang cenderung mengamankan area di bawah ring. Ia melihat pemain-pemain lawan memang sering mencetak angka dari sana.

Kendati demikian, ketika menjalankan strategi itu, Satya Wacana justru mengalami banyak kesalahan. Mereka melakukan 10 kali turnover lebih banyak dari lawan. Menurut Meldi, di situlah letak kekurangan timnya. “Saya lengah di situ,” katanya.

Meski pun banyak melakukan kesalahan, Satya Wacana ternyata bisa unggul sampai akhir. Dua pemain asing mereka cukup baik di laga ini. Belum lagi peran Cassiopeia Manuputty yang berkali-kali menampilkan permainan apik. Para penonton bahkan sampai bersorak ketika Cio—sapaan akrabnya—melantun bola ke pertahanan lawan. Satya Wacana pun menang 80-64.

Selanjutnya, Satya Wacana harus menghadapi juara bertahan Pelita Jaya. Hangtuah juga masih akan melakoni satu laga lagi. Mereka bakal melawan NSH Jakarta. Kedua pertandingan itu berlangsung esok hari.

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar