Satria Muda Semakin Kokoh di Puncak Klasemen, Berita IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil menutup gelaran Indonesian Basketball League (IBL) Seri VII Cirebon hari pertama dengan kemenangan. Mereka berhasil menumbangkan BSB Hangtuah dengan skor akhir 86-68 di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Jumat 2 Februari 2018. Satria Muda pun semakin kokoh di puncak klasemen Divisi Merah. 

Jamarr Johnson menjadi pencetak angka terbanyak dengan 21 poin dan tambahan 8 rebound. Dior Lowhorn di belakangnya dengan double-double 16 poin dan 13 rebound. Sementara itu, Laurentius Steven Oei dan Audy Bagastyo masing-masing 12 dan 11 poin.

Di kubu Hangtuah, Nahshon George double-double 25 poin dan 12 rebound. Keenan Palmore 20 poin, 7 rebound, 4 steal, dan 3 asis. Sayangnya, duet pemain asing tersebut tidak bisa mengalahkan permainan kolektif lawannya.  

Satria Muda sudah memimpin sejak awal. Mereka mampu menjaga asa sampai laga berakhir, meski Hangtuah di kuarter tiga memberi perlawanan. Nahshon George berkali-kali melepas tembakan masuk. Ia mencetak 18 poin hanya di kuarter tiga. Namun, sayangnya itu tetap belum cukup untuk melawan permainan kolektif lawannya.

Di sisi lain, Satria Muda bisa unggul—salah satunya—karena berhasil memanfaatkan kesempatan kedua. Kesempatan itu sendiri tercipta dari 17 offensive rebound. Mereka pun mampu mendulang 20 poin dari sana.

“Ya, memang hari ini kami lebih agresif sehingga bisa lebih banyak dapat offensive rebound,” terang Youbel Sondakh, kepala pelatih Satria Muda.

Selain itu, Satria Muda juga bermain cepat di laga ini. Mereka gencar melakukan serangan-serangan cepat yang berbuah poin. Namun, sayangnya permainan cepat itu juga memiliki konsekuensi.

“Konsekuensinya dari main cepat seperti tadi kami jadi kena banyak turnover,” pungkas Youbel lagi setelah melihat jumlah turnover. Satria Muda melakukan 18 kali kesalahan di laga ini.

Kendati begitu, para pemain Satria Muda nyatanya dapat mengatasi itu melalui kontribusi poin. Setelah sempat mendapat tekanan di kuarter tiga, mereka pun melaju kencang di sisa laga. Satria Muda pun menang 86-68.

Sementara itu, Hangtuah yang kalah hari ini ingin memperbaiki diri. Menurut Kepala Pelatih Andika Saputra, jajaran pelatih akan melihat tim ini langkah demi langkah, dari pertandingan ke pertandingan. Ia menargetkan anak-anak asuhnya bisa masuk ke Playoff. Oleh karena itu, mereka harus bisa memenangkan sisa pertandingan di seri ini. 

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar