Rudy Gunawan : Pemkab Garut Setiap Tahun Bangun Rutilahu Bagi Penderita TBC

  • Whatsapp
Bupati Garut Rudy Gunawan. (*)
banner 468x60

GARUT, Pojokberita.co.id – Pemerintah Kabupaten Garut, serius mendukung program pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menangani penyakit Tuberkolosis (TBC) atau TB. Selain sudah menyiapkan 67 Puskesmas, RS dan Klinik dalam melayani TB juga dalam setiap tahun membangun rumah tidak layak huni.

“Sebanyak 100 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) penderita TB kita perbaiki yang tadinya tidak layak menjadi layak huni,” ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, SH, MH, Kamis (26/5/2022).

Muat Lebih

banner 300250

Dikatakan Rudy, perbaikan dan pembangunan rumah tidak layak huni bagi penderita TB, salah satu cara agar penderita TB tidak kembali terpapar. Yang mana dengan kondisi rumah yang tidak layak huni, tidak menutup kemungkinan orang yang sudah sembuh bisa kembali terjangkit.

“Ya, mana mau bisa benar-benar sembuh total, jika rumah yang di huninya saja tidak layak. Pentilasi udaranya tidak berjalan dengan baik, sehingga perputaran udara tidak akan berjalan,” ucapnya.

Rudy juga menyebutkan, Kabupaten Garut dalam penanganan penyakit TB, sudah menjadi percontohan di Jawa Barat. Saat itu Dirjen Kemenkes berkunjung ke Garut serta melihat dalam penanganan Garut sangat serius.

“Kita sudah terstruktur dalam penaganan TB,” cetusnya.

Kendati demikian, Rudy tidak menampik, kalau dalam penanganan TB ada kendala. Yang mana masih kurangnya kesadaraan penderita yang tidak mau memeriksakan penyakitknya ke pusat layanan serta tidak teratur dalam meminum obat sesuai aturan dikter.

“Kita akan terus dan mengkampanyekan TOS (Temukan Obati Sampai Sembuh) pada masyarakat. Serta akan terus menggenjot setiap pusat layanan kesehatan agar segera door to door untuk melakukan tracing penderita TB,” pungkasnya. (Roni Hidayat)***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60