Rodericks Flemings Gemilang, Garuda Bandung Menang, Berita IBL

Laga ketiga di hari pertama Indonesian Basketball League (IBL) 2018 Seri VII Cirebon menyajikan laga antarklub beda kota. Garuda Bandung berkesempatan melawan Pacific Caesar Surabaya di GOR GMC, Cirebon, Jawa Barat, Jumat 2 Februari 2018. Pada kesempatan itu, Garuda tampil sangat baik. Kepala Pelatih Andre Yuwadi bahkan setuju dengan itu.

Roderick Fleming, misalnya, tampil gemilang di laga ini. Ia berhasil mengumpulkan double-double 27 poin dan 20 rebound. Menurutnya, hal itu terjadi karena mereka bermain secara tim. “Kami bermain sesuai strategi,” katanya.

Tidak kalah berarti, kontribusi Gary Jacobs Jr. di laga ini cukup bagus. Ia mengumpulkan 19 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Sementara itu, pemain lokal seperti Januar Kuntara juga mengambil peran yang tidak kalah penting. Ia mencetak 11 poin, 6 asis, dan 2 steal.

Di kubu lawan, Pacific tampaknya tidak terkoneksi satu sama lain. Kepala Pelatih Kencana Wukir mengungkap hal itu seusai laga. Menurutnya, tim asuhannya ini tidak bekerja sama dengan baik lantaran permainan Garuda ternyata di luar ekspektasi.

“Ternyata adaptasi yang dilakukan juga tidak bisa mengimbangi permainan mereka (Garuda),” pungkas Kencana tentang laga ini.

Perolehan poin Pacific lebih banyak datang dari Anton Waters. Center asing itu mengoleksi 21 poin dengan tambahan 13 rebound. Namun, performanya hari ini justru kurang agresif, terutama ketika bertahan. Ia kalah dari Flemings yang berkali-kali merebut rebound di area pertahanan Pacific. Setidaknya center Garuda itu mengumpulkan 7 dari 21 offensive rebound Garuda.

Ketika kerja sama Pacific terganggu oleh mereka sendiri, Garuda justru tampak terkoneksi satu sama lain. Mereka berhasil memainkan strategi sendiri sehingga serangan-serangan pun tampak tajam. Hal itu terlihat dari banyaknya poin yang berhasil mereka dulang di area bawa ring. Setidaknya Garuda mengumpulkan 52 poin lewat area tersebut.

Memanfaatkan permainan kolektif yang akhirnya berujung pada Fleming, Garuda pun menyelesaikan pertandingan dengan baik. Mereka menang 87-69 dan sekaligus membuka seri ini dengan motivasi yang bagus. Apalagi selanjutnya mereka bakal berhadapan dengan Stapac Jakarta dan Satria Muda Pertamina Jakarta.    

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar