Ridwan Kamil Panen Raya Jagung di Garut, Sebut Akan Kerjasama Dengan Provinsi Sumbar

  • Whatsapp
banner 468x60

Laporan Wartawan Pojokberita.co.id : Restu/Ril***

 

Muat Lebih

banner 300250

GARUT, Pojokberita.co.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, turut serta melakukan panen raya jagung di Kebun Wanaraja, Jalan Cikole, Desa Wanasari, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Rabu (27/1/2021).

Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kami), menyampaikan bahwa produk jagung yang melimpah, dan jagung menjadi salah satu komoditas yang sangat dibutuhkan. Nantinya akan melakukan kerjasama dengan provinsi Sumatera Barat (Sumbar). “Jagung sekarang memiliki kebutuhan yang sangat tinggi. Kita akan kerja sama dengan provinsi Sumbar, sebagai bagian dari partner Jabar, melalui BUMD kami yaitu Agro Jabar,” kata Kang Emil.

Selain melaksanakan panen jagung, Kang Emil juga meresmikan teknologi pangan terbaru yakni Smart Green House. Yaitu sebuah teknologi pertanian mutakhir yang dianggap lebih efisien. Smart Green House nantinya akan dikelola Agro Jabar.

“Kami meresmikan pertanian infus menggunakan teknologi. Dimana, di masa depan pertanian tidak lagi konvensional, tapi menggunakan teknologi yang bisa menghemat air dan mengatur air. Sehingga petani bisa menumbuhkan produknya sampai dua belas bulan,” jelas kang Emil.

Sementara itu, Dirut Agro Jabar, Kurnia Fajar mengatakan, Garut dipilih jadi salah satu daerah penghasil jagung di Jabar. “Garut itu adalah penghasil jagung. Jadi kalau dilihat dari 11 kabupaten di Jabar yang menanam jagung, Garut ini yang paling hebat,” singkatnya.

Ditambahkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Garut, Helmi Budiman, bahwa di wilayah Kabupaten Garut memiliki puluhan hektare area pertanian yang ditanami jagung. Dalam satu tahun, bisa menghasilkan 500 ribu ton jagung. Salah satu daerah penghasil jagung terbesar di Garut adalah di Kecamatan Wanaraja. “Kurang lebih satu tahun menghasilkan 500 ribu ton jagung,” ucap Wabup. (*)

Editor: Rony***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60