Pabrik Changsin Garut Akan Ditutup Stelah Diketahui 40 Karyawan Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
banner 468x60

Laporan Wartawan Pojokberita.co.id : Tresiyana***

 

GARUT, Pojokberita.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, menyatakan akan menutup aktivitas bekerja dengan sistem terbatas. Sejumlah 40 karyawan pabrik sepatu PT Changsin Reksa Jaya di wilayah Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, dinyatakan positif Covid-19.

Menurut keterangan Erna Sugiarti SE MM, Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Garut, berdasarkan data yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten, jumlah yang terkonfirmasi hingga tadi pukul 14.00 WIB, sebanyak 40 orang yang terkonfirmasi Covid-19.

“Tadi kita mengadakan rapat dengan Dinas Kesehatan, Forkompimcam Leles, membahas langkah-langkah yang akan di ambil. Tracing kontak erat terus dilakukan,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Dijelaskan Erna, direncanakan akan dilakukan isolasi bagi karyawan yang suspect. Namun karena kendala tempat yang disiapkan pemerintah belum bisa menampung, jadi mesti menunggu terlebih dahulu ruangan yang kosong.

“Yang 40 sudah menjalani isolasi di beberapa tempat yang disiapkan pemerintah,” katanya.

Pihaknya masih menunggu hasil dari Dinas Kesehatan, berapa jumlah data seluruhnya yang terkonfirmasi Covid-19.

“Penutupan pabrik belum dilakukan, bilamana mengalami outbreak tinggi baru dilakukan penutupan. Kita tunggu hasil surveilans,” bebernya.

Erna juga menuturkan, jumlah karyawan yang bekerja di PT Changsin Reksa Jaya, seluruhnya berjumlah kurang lebih 10000 karyawan. “Mudah-mudahan tidak ada penyebaran lebih banyak,”

Dihubungi terpisah Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Garut, Rudy Gunawan, mengatakan, dengan banyaknya karyawan PT Changsin yang terpapar Covid-19, Pemkab Garut akan menutup aktivitas kegiatan di pabrik sepatu tersebut dengan sistem terbatas.

“Ya, penutupan akan dilakukan secara terbatas. Tadi ada rapat antara Dinkes, Disnakertrans dan Forkompimcam,” katanya.

Beliau menyampaikan, Kabupaten Garut sudah zona merah Covid-19, serta akan membentuk satgas sampai tingkat RT.

“Protokol kesehatan harus diperhatikan,” ucapnya.(*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60