NSH Jakarta dan Siliwangi Bandung Ganti Pemain Asing Lebih Cepat, Berita IBL

Penyelenggara Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018 mengijinkan pergantian pemain asing pada tengah musim. Mereka memberikan batas waktu pergantian hingga jelang Seri 5 Surabaya atau tepatnya di pertengahan bulan Januari 2018. Namun ternyata NSH Jakarta dan Siliwangi Bandung sudah tidak sabar dengan waktu yang diberikan oleh penyelenggara liga. Mereka sudah mengganti pemain asing di Seri 3 Solo.

NSH Jakarta kurang cocok dengan Khyle Dennison Marshall. Pemain ini sangat jauh dari ekspektasi kepala pelatih Wahyu Widayat Jati. Bahkan terkesan, Marshall tidak mau bermain di liga Indonesia. Kondisi tersebut menghambat laju NSH di Seri 1 Semarang dan Seri 2 Bandung. Ternyata Coach Cacing, menggantinya lebih cepat dari perkiraan.

“Marshall sudah tidak mau bermain untuk tim kami, jadi kami harus menggantinya,” ucap Coach Cacing, seperti dikutip dari situs iblindonesia.com.

Pengganti Marshall bernama Jason Bryant Carter. Ia merupakan pemain berkebangsaan Amerika Serikat yang juga lulusan Texas Southern University. Tahun 2016, Carter bermain di NBA D-League bersama Westchester Knicks. Terakhir ia tampil di Vietnam bersama tim Hanoi B. pada musim kompetisi 2017. Carter berposisi sebagai forward dan punya tinggi badan 2,06 meter.

Pemain kelahiran 21 Februari 1992 tersebut menjalani laga debut bersama NSH Jakarta di Seri 3 Solo melawan Bank BPD DIY Bima Perkasa (23/12/2017). Saat itu, timnya kalah 57-72. Di laga ini, Carter mencetak 8 poin, 22 rebound, 2 asis, 1 steal dan 1 blok. Ia tampil selama 34 menit.

Selain NSH Jakarta, tim lain yang kini punya pemain asing baru adalah Siliwangi Bandung. Tampaknya mereka kurang puas dengan penampilan Donnovan Hastings. Kepala pelatih Siliwangi, Ali Budimansyah terpaksa melakukan pergantian karena Hastings tidak cocok dengan pola permainan ramuannya.

“Hastings lebih suka bermain di luar paint area, sementara kami membutuhkan big man untuk memperkuat area dalam,” ungkapnya.

Sebagai gantinya, Siliwangi memilih Joel Every Clarke. Ia seorang forward dan center setinggi 2,08 yang berkebangsaan Amerika Serikat. Memang tak banyak informasi mengenai pemain ini, hanya saja ia pernah bermain di liga basket Meksiko dan Thailand. Clarke terakhir bermain untuk tim Kabayan di Thailand Basketball League musim kompetisi 2017.

Ia harus menjalani laga debut yang berat karena langsung berhadapan dengan Stapac Jakarta (23/12/2017). Siliwangi kalah 69-87. Clarke saat itu berhasil mengumpulkan 13 poin, sembilan rebound, 2 asis dan 1 blok. Clarke turun selama 34 menit di laga ini.

Kedua pemain asing pengganti ini sudah datang sebelum Seri 3 Solo. Artinya, NSH dan Siliwangi minta pergantian tersebut lebih cepat, karena mereka tidak ingin memperpanjang catatan buruk di liga. Para pengganti ini dengan mudah didapatkan karena memang sudah ada di daftar Draft Pemain Asing IBL 2017 lalu.

“Pemain ini memang sudah ada dalam daftar Draft. Kami tidak menambah nama, melainkan hanya memastikan ketersediaan pemain tersebut ke agen masing-masing. Ketika sudah didapatkan maka bisa segera datang ke Indonesia. Ijin kerja sudah mereka dapatkan, oleh karena itu, mereka bisa bermain di Seri 3 Solo,” kata Media Officer IBL, Guustave Lucki Fabiano Musung.

Meski sudah terjadi pergantian di NSH dan Siliwangi, tak menutup kemungkinan tim-tim lain akan segera menyusul. Sebab liga masih membuka kran pergantian pemain asing hingga batas waktu yang ditentukan yaitu sebelum Seri 5 Surabaya yang akan berlangsung 19-21 Januari 2018 mendatang. (*)

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar