New Normal, PT KAI akan Periksa Suhu Tubuh Penumpang Tiap Tiga Jam

  • Whatsapp
banner 468x60

Laporan wartawan Pojokberita.co.id: Taufik

JAKARTA, Pojokberita.co.id – Di masa new normal, PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana panduan yang ada pada keputusan Menteri Kesehatan RI. Di antaranya, khusus untuk penumpang, akan ada pemeriksaan suhu tubuh setiap tiga jam sekali.

Muat Lebih

banner 300250

“Guna memastikan kesehatan penumpang, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap 3 jam sekali,” jelas Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, Sabtu (30/5/2020).

Joni menjelaskan, jika ada penumpang yang bersuhu badan 37 derajat ke atas dengan gejala Covid-19, maka yang bersangkutan akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di kereta.

“Jadi kereta api akan menyediakan ruang isolasi khusus bagi penumpang yang mencurigakan. Kemudian kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan untuk memeriksa penumpang itu,” kata Joni.

Selain itu, lanjut Joni, penumpang selama perjalanan diwajibkan mengenakan masker dan face shield yang disediakan oleh KAI.

“Face Shield ini wajib digunakan penumpang hingga keluar dari area stasiun kedatangan,” ujarnya.

PT KAI pun akan memastikan adanya jaminan kebersihan di kereta selama perjalanan. Di antaranya petugas kebersihan rutin membersihkan objek-objek yang sering terpegang tangan setiap 30 menit sekali secara bergantian.

“Pegangan pintu, pengunci pintu, keran air, tombol flush toilet, sandaran tangan, meja lipat, dan lainnya dibersihkan menggunakan pembersih yang mengandung disinfektan setiap 30 menit,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, petugas yang pelanggan temasuk penumpang yang berpotensi kontak jarak dekat dengan penumpang, dibekali APD berupa masker, sarung tangan, dan face shield.

“Mereka adalah petugas loket, customer service, petugas boarding, kondektur, Polsuska, pramugari kereta, dan petugas kebersihan di atas kereta,” ujarnya. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60