Longsor Di Cilawu Garut, Wabup Minta Camat & Kades Cari Lokasi Untuk Relokasi Warga

  • Whatsapp
banner 468x60

Laporan Wartawan Pojokberita.co.id : Restu***

 

Muat Lebih

banner 300250

GARUT, Pojokberita.co.id – Akibat intensitas hujan yang cukup tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Garut. Menyebabkan tebing setinggi 50 meter di Desa Cimekar, Kecamatan Cilawu, Garut, terjadi longsosr pada Jumat malam (12/2/2021 lalu. Kendati tidak ada korban jiwa pada peristiwa longsor itu, namun banyak rumah warga yang terancam dan tidak bisa ditempati.

“Longsor terjadi di dua kampung, Cipager dan Babakan Kawung. Material longsor berasal dari tebing setinggi 50 meter dengan panjang 500 meter,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Sofyan, Minggu (14/2/2021).

Dikatakannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, dari beberapa dokumentasi pantauan udara, terlihat kondisi longsor tersebut begitu mengerikan, ucapnya.

Menurut data yang dihimpun dari BPBD Kabupaten Garut, terdapat puluhan rumah yang terdampak, bahkan terancam longsor tersebut. “Ya, sebanyak dua rumah terdampak, dan 19 rumah terancam,” ujar Tubagus.

Sementara itu Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman, melakukan peninjauan ke lokasi longsor pada Minggu (14/2/2021) siang. Menurut Wabup, ada puluhan rumah yang terdampak dan terancam longsor susulan. Helmi menginbau agar masyarakat sekitar selalu waspada.

“Saya minta masyarakat selalu waspada, karena saya lihat dari kejauhan ternyata longsornya sangat besar,” imbau Helmi saat di lokasi.

Wabup mengatakan, sebanyak 9 KK yang rumahnya tidak bisa ditempati lagi. Kemudian yang terancam ada 41 rumah. Dan, saat ini pemerintah daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut, serta sejumlah organisasi masyarakat sudah mendirikan posko dan pengungsian bagi korban, jelasnya.

“Ratusan jiwa diungsikan di sana. Kami sedang mencarikan bagaimana ini bisa dilakukan relokasi. Saya saat ini sudah minta Camat, Kades, untuk mencari lokasi tanah untuk merelokasi warga,” tutur Helmi. (*)

Editor : Rony***

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60