Kabupaten Garut Terus Dihantui Bencana Alam.

  • Whatsapp
banner 468x60

Garut, Pojokberita.co.id,- Lima kecamatan di Garut bagian Selatan diterjang banjir dan longsor pada Jumat (23/09) lalu, selain mengakibatkan kerugian harta benda, lahan pertanian, ribuan jiwa terdampak.

Bencana ini juga menyebabkan satu orang meninggal dunia dan satu orang dirawat serta menghancurkan infrastruktur jalan, jembatan, sarana pendidikan dan keagamaan.

Muat Lebih

banner 300250

Menurut Praktisi Lingkungan dari Aliansi Masyarakat Peduli Penanggulangan Bencana Indonesia (AMPIBI) Kabupaten Garut Andri Hidayatulloh yang dihubungi melalui selulernya mengatakan, Bencana hydro meteorologi dan geologi di kabupaten Garut semakin mengkhawatirkan, Selasa (27/09).

“Karena¬† mengancam kehidupan dan penghidupan¬†masyarakat. Ini terjadi akibat seiring masifnya kerusakan alam Kabupaten Garut,” ungkapnya.

Andri menilai, hutan lindung yang beralih fungsi menjadi kebun sayuran, bukit sebagai tanggul alami dikeruk, pariwisata yang tanpa konsep, sangat meningkatkan risiko dan ancaman  bencana alam.

“Kerusakan lingkungan hidup dapat diartikan sebagai proses deteriorasi atau penurunan mutu (kemunduran-Red) lingkungan,” cetusnya.

Deteriorasi lingkungan ini menurur Andri ditandai dengan hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya flora dan fauna liar, dan kerusakan ekosistem.

Kerusakan lingkungan hidup memberikan dampak langsung bagi kehidupan manusia bahwa kerusakan lingkungan menjadi salah satu faktor penting yang menentukan tinggi rendahnya risiko bencana di suatu kawasan seperti daerah Kabupaten Garut.

“Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh aktifitas manusia yang tidak ramah lingkungan seperti perusakan hutan dan alih fungsi hutan, pertambangan, pencemaran udara, air, dan tanah dan lain sebagainya,” pungkasnya. (***).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60