Jumlah Ternak Domba Yang Terjangkit PMK Sudah 30 Ekor, Begini Respon HPDKI Garut

  • Whatsapp
ilustrasi peternakan domba
banner 468x60

GARUT, Pojokberita.co.id – Ketua Cabang Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI) Kabupaten Garut, H.Riki Muhammad Sidik, S.Sos, mengaku di Kabupaten ada 30 ekor domba yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Hal ini diketahui setelah adanya laporan dari seluruh anggota yang tergabung HPDKI Kabupaten Garut.

“Sampai saat ini, sudah ada domba yang terjangkit PMK jumlahnya 30 ekor,” ujar Riki Muhammad Sidik, S.Sos, Senin (23/5/2022).

Dikatakan Riki, pihkanya terus melakukan sosialisasi terkait pencegahan penyakit PMK, agar jangan terus menyebar pada ternak domba yang ada di setiap peternak.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Dinas Peternakan Garut. Yang mana meminta terkait pengadaan obat dan penyemprotan kandang ternak. Kita sudah menekan agar hal tersebut segera dilakukan agar tidak terjadi penyebaran PMK,” ucapnya.

Riki juga menuturkan, saat ini HPDKI Garut terus melakukan pengecekan terhadap ternak domba yang ada di Garut, termasuk memberikan bantuan obat-obatan pada peternak domba.

“Dinas Peternakan, harus segera melakukan langkah-langkah dengan cepat, agar Garut bisa terlepas dari penyaki PMK, baik ternak domba, kambing dan sapi,” cetusnya.

Ia mengaku, adanya serangan penyakit PMK, akan berdampak terhadap penjualan ternak domba dan kambing, terutama menjelang hari raya idul adha mendatang.

“Jelas akan berdampak terhadap penjualan domba dan kambing pada idul adha mendatang,” pungkasnya.(***)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60