Garuda Paksa Hangtuah ke Laga Ketiga di Playoff, Berita IBL

Garuda Bandung akhirnya bisa sedikit bernafas setelah memenangkan pertandingan kedua di playoff Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018. Meski sempat kalah di pertandingan sebelumnya, Garuda kini menang 73-69 atas BSB Hangtuah di C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Sabtu 3 Maret 2018. Kemenangan itu membuat kedua tim harus melakoni pertandingan ketiga.

Gary Jacobs Jr. menjadi pendulang angka terbanyak Garuda dengan 26 poin. Roderick Flemings, forward, tampil baik dengan 19 poin dan 12 rebound. Namun, sayangnya forward asing itu tidak bisa melanjutkan pertandingan di kuarter empat lantaran kesakitan di bagian kaki. Pihak Garuda belum bisa memastikan lebih lanjut tentang cedera Flemings.

Garuda berhasil memulai pertandingan dengan baik. Mereka sudah unggul sejak awal meski di kuarter akhir Hangtuah benar-benar menekan. Absennya Flemings tentu memberi dampak tersendiri bagi pertahanan di bawah ring Garuda. Namun, pemain lainnya justru sangat suportif.

Luthfianes Gunawan dan Galank Gunawan menjadi tembok pertahanan lain ketika Flemings harus menepi. Keduanya bermain cukup baik untuk menahan gempuran serangan lawan. Namun, keduanya harus keluar karena telah melanggar sebanyak lima kali.

Dengan menipisnya stok pemain besar Garuda, Kepala Pelatih Andre Yuwadi memasukkan rookie Pandu Wiguna untuk memperkukuh pertahanan. Absennya Flemings sebelum ini telah membuat mereka kesulitan di bawah ring. Apalagi pemain asing Hangtuah, Nahshon George dan Keenan Palmore seringkali memanfaatkan itu.

Di pengujung pertandingan, kedua tim jadi bermain ketat. Garuda mesti terus bertahan untuk bisa mengunci satu kemenangan. Pandu Wiguna, forward muda Garuda, bertahan dengan baik. Ia berhasil memblok serangan George di awal kemunculannya dan cukup gigih ketika Hangtuah menyerang di sisa waktu kurang dari 20 detik. Upaya Pandu itu membuat George sekali lagi melakukan kesalahan (turnover). Garuda pun berkesempatan untuk menyerang balik, Surliyadin memasukkan poin terakhirnya seiring bel akhir berbunyi. Garuda menang di Bandung.

“Inilah playoff,” ujar Andre Yuwadi seusai laga. “Inilah playoff. Seperti kemarin, kami harus siap dengan menang dan kalah. Cuma bersyukur, hari ini anak-anak menjalankan gim sejak awal. Anak-anak sudah, istilahnya, bermain dengan tenang. Mereka bermain sesuai hasil evaluasi dari video game kemarin. Hanya saja di akhir ketika Hangtuah menyusul, anak-anak seperti tidak tenang.”

Dengan kemenangan ini, kedudukan kedua tim menjadi 1-1. Hangtuah telah memenangkan laga pertama sementara Garuda mengimbanginya hari ini. Maka, kedua tim pun akan lanjut ke pertandingan terakhir untuk menentukan semifinalis pada Senin, 5 Maret 2018 nanti. Kedua pelatih akan berusaha memenangkan pertandingan dengan menyiapkan kembali timnya. Khusus untuk Garuda, Andre Yuwadi masih akan melihat perkembangan Flemings yang mengelami cedera. Mau tidak mau jika forward asing itu tidak bisa main, ia harus melakukan penyesuaian.

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar