Final IBL 2023 Pelita Jaya vs Prawira, Persaingan Merebut Sejarah, Berita DBL

IBL 2023 segera memasuki babak puncak. Laga pamungkas itu mempertemukan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dengan Prawira Harum Bandung. Final gim 1 akan berlangsung besok lusa pada pukul 19.00 WIB.

Pelita Jaya mendapat giliran menggelar laga kandang pertama. Mereka memilih Hall Basket Senayan, Jakarta. Final gim 2 dilanjutkan di C-Tra Arena, Bandung pada Sabtu (22/7) mendatang. Jika pertandingan berakhir imbang, gim penentuan digelar esok harinya di lokasi yang sama.

Juara musim ini nanti akan mengukir sejarah tersendiri dalam perjalanan dua dekade IBL. Jika Pelita Jaya juara, mereka menjadi tim pertama yang berhasil mengawinkan dua gelar. Sebelumnya Pelita Jaya menjadi juara turnamen pramusim Indonesia Cup 2022.

“Saya berharap final nanti akan berjalan efisien untuk kedua tim. Kita akan lihat apa yang sudah kami latih dan praktekkan sampai final ini. Saya kira ini akan sangat menarik,” kata pelatih Pelita Jaya Djordje Jovicic dalam jumpa pers pada Selasa (18/7) di kawasan Senayan, Jakarta.

JIka Prawira yang juara, tentu sejarah berbeda tercipta. IBL 2023 adalah final pertama Prawira (sebelumnya bernama Garuda Bandung) setelah 15 tahun. Mereka terakhir kali juara saat Kobatama 1997-1998. Kala itu masih bernama Hadtex Bandung. Jika gelar itu berhasil direngkuh, Prawira akan menjadi juara baru IBL.

“Kami mengerti (final) Satria Muda dan Pelita Jaya adalah tradisi yang mendominasi bertahun-tahun. Saya harap tahun ini (giliran kami). Kami punya pemain lokal dan asing yang bagus. Kami menantikan tantangan dari Pelita Jaya,” ujar David Singleton, pelatih Prawira.

Laga Pelita Jaya vs Prawira ini menjadi final yang ideal. Kedua tim memiliki rekor imbang sepanjang musim. Keduanya mencetak menang-kalah 27-3. Posisi Prawira lebih unggul dengan selisih poin.

Saat babak playoff, kedua tim juga mengemas 4-0. Prawira menyingkirkan Bumi Borneo dan Dewa United Banten. Sedangkan Pelita Jaya menghentikan Bali United dan juara bertahan Satria Muda.

Dalam rekor pertemuan pada musim ini Prawira memang lebih unggul. Mereka menang 2-0 di musim reguler. Pertama dengan keunggulan 69-45 di Seri Bali. Kemudian menang dramatis 84-82 melalui perpanjangan waktu di Seri Bandung. (rag)

Foto: Hariyanto


Tinggalkan komentar