Espargaro Juara MotoGP Catalunya, Bagnaia Kecelakaan , Terupdate

pojokberita.co.id Pembalap Aprilia Racing Aleix Espargaro meraih akhir pekan yang nyaris sempurna di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, dengan menjuarai MotoGP Catalunya, Minggu (3/9), dikutip dari ANTARA.

Tak hanya menjadi akhir pekan yang menyenangkan bagi Espargaro, pencapaian itu juga semakin lengkap untuk Aprilia Racing karena posisi kedua diraih oleh Maverick Vinales yang hanya terpaut 0,377 detik dari rekan satu timnya itu.

Balapan di antara kedua pebalap tim pabrikan Aprilia itu berlangsung cukup sengit. Vinales mulanya dengan mantap berada di posisi terdepan sebelum akhirnya Espargaro — yang berhasil meraih pole di babak kualifikasi pada Sabtu (2/9), mengamankan podium pertama di hadapan publik Spanyol alias kampung halamannya sendiri.

Baca Juga: Kabar Terbaru Kondisi Cedera Francesco Bagnaia Setelah Insiden di MotoGP Barcelona

Sementara itu, nasib kurang mujur dialami juara bertahan sekaligus pesaing terberat musim ini, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo), yang harus dilarikan ke pusat medis menyusul kecelakaan pada lap pertama.

Setelah melesat dari pole position, Bagnaia mengalami highside di tikungan kedua hingga terpelanting dari motornya sebelum terjatuh di aspal dan mendapati kakinya terlindas salah satu pebalap yang melintas.

Insiden itu terjadi tak lama setelah tabrakan beruntun yang melibatkan Enea Bastianini, lalu Alex Marquez (Gresini Racing), Johann Zarco (Prima Pramac), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing), dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) di tikungan pertama lap pembuka.

Baca Juga: Airlangga: DEFA Mampu Dongkrak Ekonomi ASEAN Hingga USD 2 Triliun

Bastianini berupaya mencuri posisi dari sisi dalam tikungan pertama.  Namun, kalkulasi yang kurang cermat dari sang pebalap Italia menyebabkan ia malah menabrak Zarco dan menimbulkan efek beruntun.

Bagnaia dan Bastianini pun tidak dapat melanjutkan balapan karena keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kemenangan ini saya persembahkan untuk Pecco Bagnaia,” kata Espargaro dalam wawancara singkat usai balapan.

Beberapa pebalap lain yang gagal finis di MotoGP Catalunya adalah Brad Binder (Red Bull KTM) karena masalah teknis, serta Raul Fernandez (CryptoDATA RNF) dan adik dari sang juara MotoGP Catalunya 2023, Pol Espargaro (GASGAS Factory Racing).

Baca Juga: Agensi Lee Seung Gi Tanggapi Laporan Terkait Acara Tak Resmi yang Dijadwalkan Jelang Konsernya di Atlanta

Daftar lima besar MotoGP Catalunya kali ini dilengkapi oleh dua pembalap Prima Pramac yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco, serta Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF).

Espargaro menyapu 37 poin di Catalunya berkat kemenangannya di balapan sprint, Sabtu dan kini berada di peringkat lima klasemen, terpaut 106 poin dari Bagnaia yang masih kokoh di puncak dengan 260 poin.

Martin membayangi Pecco dengan selisih 50 poin di peringkat kedua.

Sementara itu, putaran berikutnya untuk MotoGP musim ini akan bergulir di Sirkuit Misano, San Marino, Italia, pada 8-10 September.

Tinggalkan komentar