Edukasi dan Sosialisasi Pengendalian dan Pencegahan Covid-19 Harus Libatkan Media Cetak dan Elektronik

  • Whatsapp
banner 468x60

Garut, Pojokberita.co.id,- Meningkatnya status dari Level 3 ke level 4 bencana kesehatan Covid-19 di Kabupaten Garut sebagaimana disebukan didalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan PPKM Level 4, 3 dan 2 Covid-19 di Jawa dan Bali perlu disikapi secara terstruktur dan sistematis dalam pengendalian dan pencegahan pandemi Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Pendiri PISP Pusat Informasi dan Studi Pembangunan, Hasanuddin saat memberikan konfirmasi melalui sambungan selulernya, “Tentu hal ini berkaitan dengan disiplin Pelaksanaan Protokol Kebencanaan yang menjadi pedoman Tim Gugus Tugas atau Pemerintah Daerah, yang memiliki otoritas atau kewenangan pengendalian dan pencegahan,” katanya, Selasa (03/08).

Muat Lebih

banner 300250

Menurut Hasanuddin, Tentu banyak faktor peningkatan level dari 3 ke level 4, salah satunya kurangnya edukasi dan sosialisasi dari pihak pemerintah daerah, oleh sebab itu sosialisasi dan edukasi ini perlu dimaksimalkan. “Perlu dilibatkan media cetak/elektronik di Kabupaten Garit dalam beberapa materi penting protokol kesehatan, dan apa yang mesti dilakukan masyarakat dalam situasi kebencanaan ini,” ujarnya.

Hasanuddin berharap, pihak pemerintah daerah melibatkan media ini secara terstruktur, sistematis dan massif. “Sebab itu perlu juga dialokasikan anggaran, sebagai bagian dari edukasi sebagaimana Inmendagri 27 Tahun 2021 dan Protokol Kebencanaan,” cetusnya.

Hasanuddin juga berpendapat, melibatkan media cetak/elektronik dalam situasi PPKM Darurat level 4 ini penting, karena menghindari edukasi langsung dan kerumuman. “Sekarang, setiap masyarakat sudah dapat mengakses media online secara langsung. Kami berharap Dinkes dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta epidemiolog dapat dilibatkan memberikan materi sederhana dalam edukasi ini,” pungkasnya, (Joe).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60