DPRD Garut Segera Isi Kekosongan Pimpinan Pasca Agus Hamdani Meninggal Dunia

  • Whatsapp
banner 468x60

Garut, Pojokberita.co.id,- Rapat Badan Musyawarah (Bamus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut dalam rangka pembahasan jadwal kegiatan DPRD masa sidang III Tahun Sidang 2021 yang diselenggarakan pada Senin, 20 Desember 2021, pukul 15.00 WIB, dengan pembahasan Hasil Evaluasi Gubernur Jawa Barat terhadap APBD Kabupaten Garut Tahun Anggaran 2022.

Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Garut, Enan yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Gedung Wakil Rakyat, Jalan Patriot, Garut, Jawa Barat mengatakan, Bamus membahas terkait Rapat Paripurna DPRD Kabupaten dalam rangka Penyampaian hasil Reses DPRD Masa sidang III Tahun Sidang 2021 serta Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Garut dalam rangka Usulan Pemberhentian Pimpinan DPRD atasnama H Agus Hamdani, GS S.Pdi. Jabatan Wakl Ketua DPRD Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, karena meninggal dunia, Kamis (30/12).

Muat Lebih

banner 300250

Enan menjelaskan, dasar-dasar yang menjadi landasan pembahasan adalah, Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, Pasal 13: ayat (1) Evaluasi Gubernur atas Rancangan dilakukan penyempumaan oleh Kepala Daerah bersama dengan DPRD melalui Badan Anggaran.

“Bamus merumuskan langkah- langkah secara konstitusional dengan merujuk kepada aturan- aturan yang ada untuk segera melakukan Pergantian Antar Waktu pimpinan Dewan yang meninggal dunia Bapak H. Agus Hamdani,” ujar Enan.

Menurut Enan, Meninggalnya Agus Hamdani yang juga mantan Bupati Garut ini pada Kamis (11/11) dini hari menyebabkan kekosongan satu Pimpinan Dewan, hal ini tentunya haris segera dicarikan penggantinya.

Menurut Enan pula hal tersebut telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota Pasal 37 ayat (1, 2 dan 3)
(1) Pimpinan DPRD lainnya melaporkan usul pemberhentian Pimpinan DPRD dalam rapat paripurna
(2) Pemberhentian Pimpinan DPRD
ditetapkan dalam rapat panpurna
(3) Pemberhentian Pimpinan DPRI
ditetapkan dengan keputusan DPRD. (***).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60