Di Tengah Pandemi Covid-19, Jajanan Khas Cibatu “Es Sinar Garut” Tetap Jadi Buruan

  • Whatsapp
Burhan Wijaya bersiap membuka kedai Es Sinar Garut. (*)
banner 468x60

Laporan wartawan Pojokberita.co.id: Fauzi

GARUT, Pojokberita.co.id- Beberapa tahun ini Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, memiliki jajanan khas yang tak dimiliki daerah lain. Namanya Es Sinar Garut.

Sesuai namanya, jajanan kuliner ini merupakan minuman dengan bahan utama es yang dicampur dengan berbagai varian, di antaranya buah-buahan. Lezat dan sehat tentu.

Meski di masa pandemi Covid- 19, Es Sinar Garut tetap menjadi buruan warga. Apalagi di musim puasa seperti sekarang, setiap menjelang magrib, warga berebut untuk mendapatkan minuman segar yang bernutrisi ini.

“Sebagai pengelola, tentu kami menerapkan social distancing kepada pembeli. Kami atur agar pembeli tak berdesak-deskan dan ada ruang serta jarak sesuai aturan PSBB,” kata Burhan Wijaya, pengelola Es Sinar Garut di depan kedainya di kawasan Alun-alun Cibatu, Selasa (19/5/2020).

Insting bisnis pemuda asal Kampung Loji, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu ini memang cukup tajam. Begitu melihat ada minuman khas di Desa Cibunar, desa tetangga Keresek, ia langsung belajar. Dan ternyata, ketika ia membuka kedai di Cibatu, minuman itu laku.

Ya, Es Sinar Garut sebenarnya berasal dari Kampung Salam, Desa Cibunar.

“Alhamdulilah saya selama jualan Es Sinar Garut ini di depan rumah, pembeli banyak. Apalagi di bulan suci Ramadhan kan banyak orang berbuka puasa dengan yang namanya yang dingin dingin ya seperti Es Sinar Garut ini,” kata Burhan.

Menurut Burhan, pembeli Es Sinar Garut tak hanya datang dari wilayah Cibatu, tapi juga dari Sukawening dan Leuwigoong serta daerah kecamatan lainnya di Kabupaten Garut.

“Saya bersyukur, ternyata Es Sinar Garut mendapat tempat di masyarakat Garut dan kini sudah mulai populer,” ucapnya.

Es Sinar Garut merupakan es yang dicampur kelapa, alpukat, serta buah-buahan lainnya. Tak lupa dicampur susu kental.

Selain itu ada resep rahasia sehingga es ini mantap saat diseruput?

Burhan mengaku tidak ada. Hanya saja ia mengatakan, kuncinya pada takaran susu dan es agar Es Sinar Garut terasa mantap. (*)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60