Don't Show Again Yes, I would!

Daftar Venue Kandang Tim-tim IBL 2024, Berita IBL

IBL 2024 akan dimulai pada 13 Januari mendatang. Pada musim ke-21 ini, liga akan berlangsung dengan format kandang-tandang secara penuh sejak seri reguler. Ada 14 tim peserta yang memiliki kandang yang berbeda. Jumlah totalnya ada 16 venue karena Satria Muda Pertamina Jakarta dan Bima Perkasa Jogja mengajukan venue alternatif.

Amartha Hangtuah, GOR Universitas Negeri Jakarta (Jakarta)



Hangtuah memakai GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang berada di Rawamangun, Jakarta Timur. GOR tersebut masuk dalam kawasan Kampus B UNJ dan akan menggelar IBL untuk pertama kali. Sebab, GOR UNJ baru diresmikan pada 2020.

Bali United Basketball, GOR Purna Krida (Kab. Badung)

Bali United tidak lagi menggunakan GOR Merpati, Denpasar. GOR itu memang sudah sering menjadi venue IBL seri Bali. Pada IBL 2024, Bali United menggunakan GOR Purna Krida di Kab, Badung. Venue tersebut pernah menggelar satu seri NBL (sebelum IBL) di sana.

Bima Perkasa Jogja, GOR Pancasila UGM/GOR Amongrogo (Yogyakarta)

Biasanya dalam seri IBL di Yogyakarta menggunakan GOR Amongrogo. Tetapi Bima Perkasa juga menggunakan markasa di GOR Pancasila UGM. Mereka sudah menggunakannya saat melalui babak playoff IBL 2023.

Borneo Hornbills, GOR Laga Tangkas (Bogor)

Hornbills tidak menggunakan markas di Kalimantan. Venue di Kalimantan dinilai belum memenuhi standar liga. Di sisi lain Hornbills masih mengupayakan untuk memiliki venue sendiri. Untuk sementara ini mereka memilih berkandang di GOR Laga Tangkas, Bogor.



Dewa United Banten, Dewa United Arena (Tangerang)

Setelah menjadi tim musafir pada playoff IBL 2023, Dewa United akhirnya bisa berlaga di Tangerang. Mereka telah memiliki rumah sendiri di Dewa United Arena, Tangerang. Pada playoff dan semifinal IBL 2023, Dewa United menggunakan Sritex Arena, Solo.

Kesatria Bengawan Solo, Sritex Arena (Solo)

Solo tetap memiliki tim meski West Bandits mengembalikan lisensi. Musim ini Solo diwakili oleh tim debutan Kesatria Bengawan. Mereka menggunakan venue kebanggannya di Sritex Arena.

Pacific Caesar Surabaya, GOR Pacific (Surabaya)

Pacific Caesar merupakan salah satu tim yang memiliki kandang sendiri. Mereka menggunakan GOR Pacific yang berada di daerah Kenjeran, Surabaya.

Pelita Jaya Bakrie Jakarta, Tennis Indoor Senayan (Jakarta)



Pada beberapa musim sebelumnya, Pelita Jaya bisa menggunakan GOR Soemantri Brodjonegoro sebagai kandang. Tetapi venue tersebut dinilai tidak memenuhi standar terbaru IBL. Pelita Jaya memilih Tennis Indoor Senayan, yang akan menggelar IBL untuk pertama kalinya.

Prawira Harum Bandung, GOR C-Tra Prawira Arena (Bandung)

Prawira sudah sangat melekat dengan GOR C-TRa Arena. Musim lalu mereka berpesta di sana sebagai juara IBL 2023. Prawira juga mendapatkan dukungan yang luar biasa dari masyarakat kota Bandung tiap kali menggelar laga kandang.

Rajawali Medan, GOR Universitas Medan (Medan)

Rajawali mengambil alih lisensi Evos Thunder Bogor. Mereka pindah ke Medan dan bisa berlaga di kota sendiri, Rajawali memilih markas di GOR Universitas Medan. Ini menjadi salah satu dari dua venue yang terletak di luar pulau Jawa.

Rans Simba Bogor, Gymnasium Sekolah Vokasi IPB (Bogor)

Rans juga berpindah home base dari awalnya sebagai Rans Pik Basketball. Rans menggunakan Gymnasium Sekolah Vokasi IPB, Bogor. Mereka juga memiliki fasilitas latihan di Fullybelly Sports Center.



Satria Muda Pertamina Jakarta, Britama Arena/Hall Basket Senayan (Jakarta)

Satria Muda sudah memiliki rumah sendiri di Britama Arena, Kelapa Gading. Venue tersebut menjadi salah satu venue basket terbaik di tanah air dan beberapa kali menggelar event FIBA. Meski begitu, Satria Muda mengajukan venue alternatif di pusat kota Jakarta yaitu Hall Basket Senayan.

Satya Wacana Salatiga, GOR Sahabat (Semarang)

Satya Wacana menjadi tim kedua yang tidak bermarkas di kota sendiri. Mereka memilih laga kandang di GOR Sahabat, Semarang. Tempat itu sudah sering menjadi venue IBL seri Semarang.

Tangerang Hawks, Indomilk Arena (Tangerang)

Tangerang Hawks merupakan tim kedua yang berada di Tangerang. Musim ini Hawks akan berkandang di Indomilk Arena. IBL juga akan digelar pertama kalinya di lokasi itu. (rag)

Foto: IBL


Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *