BSB Hangtuah Tumbangkan Garuda di Bandung, Berita IBL

Indonesian Basketball League akhirnya melaju ke babak playoff. Mengawali babak ini, IBL menyajikan pertandingan antara BSB Hangtuah dan Garuda Bandung. Pada kesempatan itu, Hangtuah berhasil memenangkan laga ketat dengan skor 76-74. Hasil itu sekaligus membuat Garuda tumbang di kandang, C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Jumat 2 Maret 2018.

Duo asing Hangtuah menjadi pendulang angka terbanyak di pertandingan ini. Nahshon George di tempat pertama dengan dobel-dobel 26 poin dan 11 rebound. Kemudian, Keenan Palmore dengan dobel-dobel 22 poin dan 12 asis.

Kedua tim sebenarnya mengawali pertandingan dengan intensitas kecil. Hangtuah hanya mencetak 14 poin di kuarter pertama sementara Garuda 12. Namun, efektivitas tim tamu justru lebih baik daripada tuan rumah. Di kuarter pertama, field goal Garuda sangat rendah di angka 15,4 persen.

Hangtuah sempat memimpin 12 poin, tetapi Garuda juga memberi perlawanan. Di kuarter tiga, misalnya, tim asuhan Kepala Pelatih Andre Yuwadi itu berhasil memperpendek ketertinggalan. Namun sayang, menurutnya para pemain Garuda tidak konsisten menjalankan strategi. Sementara itu, Hangtuah bisa bermain tenang.

“Anak-anak bermain sabar,” komentar Andika Saputra, kepala pelatih Hangtuah. “Anak-anak bermain sabar, bermain tidak ada tekanan. Mereka bermain sesuai dengan apa yang pernah kami lakukan tadi pagi (ketika berlatih).”

Dengan ketenangan itu, Hangtuah berhasil melewati kuarter empat dengan kemenangan. Padahal di beberapa kesempatan Garuda berhasil memberi perlawanan berarti. Gary Jacobs Jr., misalnya, berhasil mencetak dobel-dobel 33 poin dan 12 rebound. Surliyadin, forward, juga memberi kontribusi bagus dengan 16 poin. Sementara itu, Roderick Fleming membukukan 12 poin dan 10 rebound.

Di pengujung pertandingan, kedua tim bermain sangat ketat. Mereka saling membalas poin untuk mengubah keunggulan berkali-kali. Garuda sebenarnya punya kesempatan menang, tapi mereka gagal memanfaatkan peluang. Hangtuah pun berhasil mengunci satu kemenangan di babak playoff ini.

Selanjutnya, kedua tim akan bertemu kembali esok hari. Hangtuah akan berusaha tampil konsisten untuk mengambil tiket ke semifinal. Sementara itu, Garuda merasa perlu memperbaiki permainan supaya dapat menyelamatkan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri.

Foto: Hari Purwanto


Tinggalkan komentar