Saat ini kita harus berpikir lebih kreatif untuk dapat menerapkan strategi pemasaran modern yang sesuai dengan perkembangan tren masa kini. Bagi pebisnis pemula, membuat sebuah rancangan strategi pemasaran itu penting untuk dilakukan jika ingin mewujudkan target yang lebih tinggi.
Meraih keuntungan sebanyak-banyaknya dari modal sedikit adalah salah satu prinsip ekonomi yang harus diterapkan oleh seorang pebisnis.
Karenanya, Anda juga harus paham bagaimana strategi pemasaran yang baik untuk diterapkan saat pertama kali memulai bisnis.
Baik itu untuk memilih pengemasan produk hingga bagaimana cara melakukan penjualan yang baik di zaman sekarang ini, semua harus dipikirkan dengan matang.
Langkah awal yang diperlukan adalah harus dimulai dari perencanaan terlebih dahulu sebelum mengeksekusinya.
Merencanakan suatu strategi pemasaran modern itu sebenarnya mudah, Anda perlu menerapkan beberapa langkah sebelum melakukan semua rancangan yang sudah ditentukan sejak awal. Namun, pada awal perencanaan Anda harus menentukan terlebih dahulu target pemasaran yang akan dituju.
Setelah menentukan siapa target yang akan Anda tuju, maka langkah selanjutnya pasti akan mudah untuk dilakukan. Tentunya semua perencanaan yang sudah ditentukan dari target konsumen harus selalu memperhatikan peluang masa depan agar dapat meraih kesuksesan.
Langkah Awal dalam Menentukan Strategi Pemasaran Modern
Merancang siapa target pemasaran yang akan dituju merupakan dasar utama dalam menentukan konsep produk yang akan dijual nantinya.
Contoh sederhananya seperti saat Anda ingin menjual produk untuk anak remaja di bangku kuliah atau bangku SMA.
Dalam segi usia, target yang akan dituju pasti memiliki kisaran umur di antara 15 sampai 20 tahun. Dari usia tersebut Anda bisa mengambil kesimpulan jika anak remaja saat itu sedang mengalami masa pubertas dan sangat menyukai produk yang sedang tren pada saat itu juga.
Lalu dari hal itu kita bisa mengambil keputusan bahwa kemasan dan produk yang ingin dijual harus bisa menyesuaikan keinginan anak remaja masa kini.
Contoh kebutuhan sandang seperti baju, jaket, tas, sepatu atau pangan seperti jajanan masa kini yang sedang viral di dunia maya.
Anak muda atau remaja cenderung ingin tampil lebih baik saat keluar seperti jalan-jalan atau bermain bersama teman. Jadi strategi pemasaran modern yang baik adalah Anda harus mengikuti satu perkembangan tren saat itu, agar bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen yaitu anak muda.
Walaupun begitu Anda juga harus kembali pada perencanaan awal yaitu bagaimana target yang akan dituju. Jika ingin memproduksi suatu barang pangan maka Anda harus memikirkan langkah yang lebih kompleks namun jika ingin memproduksi hasil pangan maka Anda harus melihat ketahanannya.
Keuntungan dan Kelemahan Sandang Maupun Pangan
Pebisnis yang baik harus bisa melihat bagaimana peluangnya di masa depan nanti ketika produknya sudah dijual di pasaran. Baik itu sandang maupun pangan, konsep penjualan tetap bisa memiliki kelebihan dan kelemahannya saat digunakan nantinya.
Sederhananya seperti strategi pemasaran modern yang menggunakan baju sebagai produknya. Jika dilihat dari bentuk keuntungannya, baju bisa bertahan lama dan dapat mengikuti tren yang ada. Tidak membutuhkan pemikiran ekstra seperti ketahanan dari produk diri sendiri.
Namun jika diproduksi secara besar-besaran dan tren sedang mengalami penurunan maka Anda akan mengalami kerugian. Karena tidak bisa atau tertinggal dari tren yang ada. Selanjutnya kita dapat mengambil konsep produksi bahan pangan seperti camilan atau kue modern seperti cup cake.
Keuntungannya, produk pasti bisa laku jika sudah dikenal oleh banyak orang. Dengan memberi rasa enak dan kemasan yang bagus, Anda bisa meningkatkan penjualan dalam waktu dekat. Namun bentuk kelemahannya sendiri adalah produk tidak bisa bertahan lama dan tidak bisa dikirimkan jauh.
Jadi setiap strategi pasti memiliki struktur peluangnya masing-masing. Hanya saja kembali ke awal tentang bagaimana Anda merencanakan strategi itu untuk meraih keuntungan. Selalu perhatikan peluang bisnis saat merencanakan strategi pemasaran modern agar produk Anda bisa bertahan lama di pasaran.